Liga Indonesia

Tatap SEA Games 2019, Striker Papua Ingin Teruskan Jejak Elie Aiboy

Minggu, 16 Juni 2019 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alchetron
Elie Aiboy menjadi sumber inspirasi Yakob Sayuri di Timnas Indonesia U-23. Copyright: © Alchetron
Elie Aiboy menjadi sumber inspirasi Yakob Sayuri di Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM – Talenta muda dari Tanah Papua terus terlahir seiring perkembangan kompetisi sepak bola di Indonesia. Teranyar, nama Yakob Sayuri menjadi perbincangan usai menembus skuat Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Yakob Sayuri atau yang akrab disapa Yasa adalah striker sayap milik Barito Putera, yang baru saja menjalani debutnya di Shopee Liga 1 2019, setelah sebelumnya hanya bermain di Liga 3 2018 zona Papua bersama Persemi Mimika.

Yasa juga menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia U-23 saat dimainkan dalam pertengahan babak kedua menghadapi Thailand U-23 di ajang Merlion Cup 2019, Jumat (07/06/19). Ia turut memberikan sejumlah peluang meski eksekusi tendangannya di menit-menit akhir belum membuahkan gol.

Selanjutnya pemain sepak bola asal Papua itu menatap ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Menurutnya, target Indonesia untuk merebut medali emas dari cabang olahraga sepak bola masih sangat realistis.

“Puji Tuhan, yang pasti saya ingin membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas di ajang Sea Games nanti,” ungkap Yasa saat dihubungi redaksi berita olahraga INDOSPORT.COM.

Kiprah pemain sepak bola asal Papua memang selalu menjadi andalan Timnas Indonesia. Khususnya di ajang SEA Games, pernah ada nama pemain sayap mentereng yang ditakuti tim-tim sepak bola Asia Tenggara, yakni Elie Aiboy.

Pada SEA Games edisi 2001 lalu, Elie Aiboy menjadi pemain sepak bola bintang di bawah tangan dingin Benny Dollo, termasuk ketika ia mencetak hattrick ke gawang Brunei Darussalam dan membawa Indonesia menang telak 9 gol tanpa balas.

Guna memuluskan langkahnya ke ajang SEA Games 2019, Yasa kemudian turut mempelajari permainan teranyar dari Timnas negara-negara Asia Tenggara.

“Ya kalau soal gambaran kekuatan Filipina dan Thailand mungkin sudah ada gambaran, soalnya kemarin di Merlion Cup sudah bertemu, tapi itu buat saya pribadi.”

“Kalau buat teman-teman yang lain pasti sudah ada gambaran tertentu soalnya mereka kan sudah sering bertemu di beberapa ajang resmi,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Yakob Sayuri dan pemain Timnas Indonesia U-23 lainnya sendiri baru melakoni laga uji coba menghadapi Bali United pada Jumat (14/06/19) lalu, yang berakhir imbang 0-0.