Bola Internasional

Masuk Pot 5, Indonesia Bisa Kena Apes Bertemu Raksasa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kamis, 20 Juni 2019 16:40 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Complete Sports Nigeria
Logo Piala Dunia 2022 Copyright: © Complete Sports Nigeria
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia yang kerap dilanda masalah ternyata berdampak kepada nasib timnas di Piala Dunia. Buruknya federasi sepak bola dalam mengurus organisasi dan menyusun jadwal kompetisi domestik sedikit banyak berpengaruh terhadap performa skuat Garuda.

Peringkat Indonesia di daftar rangking FIFA pun menjadi kurang baik. Hal ini yang menyebabkan timnas harus berada di pot 5 dalam daftar negara yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Dunia, artinya mereka tergabung bersama negara yang memiliki peringkat kurang baik.

Dilansir dari situs resmi AFC, Pot 5 berisikan Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, dan Makau/Sri Lanka. Skuat kebanggaan Tanah Air ini terancam bertemu negara-negara hebat di Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022.

Negara besar seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China, dan Australia berada di pot 1 sehingga sangat memungkinkan mereka akan satu grup dengan Indonesia setelah undian dilakukan.

Sementara itu, di luar pot 1 masih ada beberapa negara kuat seperti Uzbekistan, Irak, Bahrain, dll. yang juga harus siap dilawan oleh Andritany dkk.

Peringkat Timnas Indonesia sendiri di FIFA baru saja turun dan disalip oleh Malaysia, sedangkan pengundian akan dilakukan pada 17 Juli 2019 dengan format delapan grup dan setiap grup diisi oleh lima negara.

Juara grup akan lolos otomatis ke kualifikasi tahap akhir Piala Dunia Qatar 2022, empat runner-up terbaik akan mengikuti untuk berjuang di fase selanjutnya.