Liga Indonesia

Ada Gengsi Indonesia Dipertaruhkan di PON XX Papua

Sabtu, 22 Juni 2019 15:26 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora RI, Imam Nahrawi beserta rombongan saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora RI, Imam Nahrawi beserta rombongan saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi dalam kunjungannya ke Stadion Papua Bangkit, Jumat (21/6/19) kemarin mengatakan, perhelatan PON XX 2020 di Papua akan menjadi cerminan gengsi dan martabat bangsa Indonesia di bidang olahraga.

Pasalnya, meski event sekelas PON XX 2020 baru pertama kalinya digelar di Papua, namun melihat kesiapan wilayah paling timur Indonesia ini dari segi infrastrukturnya terbilang fantastis.

"PON ini betul-betul akan menjadi gengsi dan martabat bangsa Indonesia, apa lagi kita baru menyelenggarakan Asian Games, sudah tentu ekspetasi masyarakat PON harus sama dengan Asian Games. Saya bersyukur tadi melihat Stadion Papua Bangkit, kemudian Istora dan beberapa venue lain betul-betul menggembirakan, on progress dan sebagian pada Desember nanti sudah kita bisa lihat hasilnya," kata Menpora.

Untuk itu, Menpora meminta pemerintah Provinsi Papua melibatkan masyarakat setempat dan juga mengelola seluruh venue dengan sebaik-baiknya, demi menyukseskan PON XX tahun 2020 mendatang.

"Karenanya saya berharap PB PON lebih sering berkonsolidasi, lebih banyak melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi di internal kepanitiaan ataupun menjadi relawan.

Seperti Asian Games kemarin, banyak negara yang pesimis Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik karena persiapannya mepet, SDM belum berpengalaman. Tapi dengan komitmen, tekat yang kuat dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, Asian games sukses luar biasa," ungkap Imam Nahrawi.

Menpora juga menegaskan jika event PON XX ini akan didahulukan ketimbang even Sea Games di Filipina nanti. Tujuannya, agar seluruh atlet dan masyarakat Indonesia dapat saling berpartisipasi dalam menyukseskan PON XX di Papua.

"PON 2020 nanti akan kita blow up habis-habisan, sehingga masyarakat tidak hanya melihat Sea Games 2019 di Filipina, tetapi semua terobsesi untuk berpartisipasi mensukseskan PON 2020 di Papua," tandas Imam Nahrawi.