Bola Internasional

On This Day: 2 Gol Mario Kempes Bawa Argentina Juara Piala Dunia 1978

Selasa, 25 Juni 2019 05:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Hari ini, 25 Juni 1978, Argentina memenangkan gelar Piala Dunia untuk pertama kali. Mario Kempes menjadi aktor dari kemenangan Argentina. 

Argentina dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia 1978. Argentina pun menyiapkan 6 stadion di 5 kota untuk menjamu 15 negara lainnya. 

Argentina sebagai tuan rumah tergabung di Grup 1 bersama tim kuat Italia, Prancis, dan Hungaria. Argentina berhasil mengalahkan Hungaria pada laga perdana dengan skor 2-1. 

Skor yang sama juga diraih Argentina saat mengalahkan Prancis. Sedangkan saat melawan Italia, Argentina menyerah dengan skor 0-1. 

Meski begitu, Argentina tetap berhak lolos ke babak kedua. Pada babak kedua, Argentina berhasil mengalahkan Polandia 2-0, Peru dibantai 6-0, dan bermain imbang 0-0 dengan Brasil. 

Sehingga Argentina melaju ke partai final dan berhadapan dengan Italia. Pertandingan final Piala Dunia 1978 sendiri berlangsung di Estadio Monumental, 25 Juni 1978. 

71.483 penonton tercatat menyaksikan laga tersebut. Argentina yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri, berhasil unggul pada menit ke-38 berkat gol Mario Kempes

Tetapi, lini belakang Argentina sempat lengah pada menit ke-82 sehingga Dick Nanninga berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulannya. 

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra time. Mario Kempes sekali lagi berhasil membobol gawang Belanda pada menit ke-105. 

Hingga akhirnya, Ricardo Daniel Bertoni mencetak gol ketiga bagi Argentina. Argentina pun menang dengan skor 3-1 dan berhak meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya. 

Mario Kempes yang sempat bermain di Indonesia bersama Pelita Jaya, menjadi top skor Piala Dunia 1978 dengan 6 gol yang ia cetak sepanjang kompetisi.