Liga Spanyol

Real Mallorca, Kurcaci Penempa Bintang Sepak Bola Dunia yang Kembali ke LaLiga

Rabu, 26 Juni 2019 16:31 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Quality Sport Images/Getty Images
Tim RCD Mallorca tengah bahagia berhasil mengamankan tiket promosi LaLiga Spanyol. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Tim RCD Mallorca tengah bahagia berhasil mengamankan tiket promosi LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Profil serta sejarah singkat Real Mallorca, si kurcaci penempa bintang sepak bola dunia yang akhirnya berhasil kembali ke LaLiga musim depan.

Pada laga final play off leg kedua Senin (24/6/2019) lalu, Real Mallorca secara dramatis berhasil mengalahkan Deportivo La Coruna dengan skor telak 3-0 di Son Moix.

Capaian tersebut terbilang sangat impresif, mengingat pada leg pertama, Mallorca harus tertinggal 0-2 oleh Deportivo La Coruna di laga tandang.

Setelah harus menunggu enam tahun lamanya di kasta kedua Liga Spanyol, Los Bermellones akhirnya berhasil mentas lagi di LaLiga dan tentu memberikan kabar gembira bukan hanya untuk fans Mallorca tetapi kepada semua tim elite Eropa.

Sebab, tim yang bermarkas di Estadi de Son Moix, Palma, ini terkenal sebagai pabriknya bintang-bintang sepak bola kelas dunia yang bahkan sampai saat ini beberapa jebolan Mallorca berhasil menjadi legenda.

Mungkin bagi pecinta sepak bola era milenium masih kurang familiar dengan Real Mallorca, namun di era 90-an klub yang berjersey merah-hitam ini sangat disegani sampai tak cuma di Liga Spanyol melainkan sampai ajang Europa.

Pencapaian terbaik Real Mallorca selama berkompetisi adalah runner-up UEFA Cup Winners musim 1998–99, juara Copa del Rey musim 2002/03, serta juara Supercopa de España tahun 1998.

Namun, salah satu sebab mengapa nama Mallorca dikenal selain torehan gelar mereka, adalah hasil pemain didikannya yang langsung melejit saat hengkang dari Son Moix.

Walau terbilang tim kejutan di LaLiga, nyatanya Real Mallorca pernah menghasilkan pemain bintang bahkan sampai sekarang masih menjadi andalan di klub-klub besar.

Di antara jebolan Real Mallorca yang bersinar antara lain Samuel Eto’o, Thomas Partey, Jonathan de Guzman dan masih banyak lagi pemain lainnya.

Khususnya Samuel Eto’o, mungkin sediktit yang mengira jika bintang yang berhasil meraih dua gelar Liga Champions bersama Barcelona serta satu gelar bersama Inter Milan ini pernah mengenyam kompetisi bersama Mallorca.

Eto'o memang pernah berseragam Mallorca selama empat musim tepatnya sejak tahun 2000 hingga 2004.

Penampilannya pun terbilang sangat impresif. Total dari 120 laga yang dilakoni Eto'o berhasil mencetak 48 gol dan sampai kini masih menjadi rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk tim.

Eto'o sendiri bukanlah produk asli Mallorca. Dia merupakan pemain yang dipinjamkan Real Madrid dan berhasil dibeli secara permanen oleh Mallorca.

Meskipun bukan hasil akademi mereka, namun kesabaran Mallorca dalam menempa Eto'o menjadi striker haus gol kelas dunia wajib mendapat apresiasi. Pasalnya, tak banyak tim akademi yang mampu membentuk pemain mudanya menjadi bintang berkualitas.