Bola Internasional

Alami Cedera Horor, Wonderkid Borussia Dortmund Putuskan Pensiun Dini

Selasa, 2 Juli 2019 13:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COMWonderkid Borussia Dortmund, Dario Scuderi, secara mengejutkan memutuskan pensiun di usianya yang baru menginjak 21 tahun usai mengalami cedera horor.

Keputusannya tersebut lantaran ia mengalami trauma atas cedera mengerikan yang pernah menimpanya saat sedang berlaga di ajang UEFA Youth League melawan Legia Warsawa tiga tahun lalu.

Kala itu kaki kri Scuderi mengalami cedera berupa patah tulang di bagian lutut, dan professor Michael Strobel selaku dokter ahli bedah yang menangani bintang muda tersebut mengatakan bahwa ia tak bisa bermain sepak bola lagi.

"Itu adalah cedera yang sangat buruk, hampir semua ototnya robek, baik ligamen serta tendonnya bermasalah," kata Strobel, sebagaimana dilansir dari laman Sport Bible.

Akibat dari cedera parah yang dideranya, Scuderi harus melewati masa pemulihan yang panjang, yakni menjalani operasi sebanyak sembilan kali dan absen selama 700 hari, sebelum akhirnya bisa kembali merumput pada Agustus 2018 lalu.

Meski sudah pulih, namun nyatanya insiden tragis yang telah menimpanya telah membuatnya trauma. Ia memutuskan melepaskan mimpinya menjadi pemain sepak bola di usianya yang masih belia lantaran tak ingin mengalami kejadian yang sama.

"Itu bukan keputusan yang mudah, bermain sepak bola selalu menjadi impian besar saya dan saya memberikan segalanya untuk itu. Saya berjuang dan juga memiliki tawaran untuk terus bermain, Borussia Dortmund adalah keluarga saya tapi saya akan melakukan hal baru,” kata Scuderi.

Walaupun memutuskan gantung sepatu, namun ia mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan manajemen olahraga dan seluruh tanggungan biaya akan dibayar oleh Dortmund.