Liga Indonesia

Performa Tak Konsisten di Awal Liga 1, Kalteng Putra Alami Home Sick?

Jumat, 12 Juli 2019 05:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Coro Mountana
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Kalteng Putra saat melawan Persebaya, Selasa (21/05/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Kalteng Putra saat melawan Persebaya, Selasa (21/05/19).

INDOSPORT.COM – Gejala merindukan kampung halaman alias Home Sick, kini sedang melanda skuat Kalteng Putra pasca menjalani performa tak konsisten sepanjang 8 pekan Liga 1.

Tanda-tanda itu sebenarnya sudah mulai terasa di pekan ke-5 kompetisi. Laskar Isen Mulang tampil tak menentu meski sempat imbangi Bali United 2-2 di laga home mereka.

Pertanda inkonsisten makin jelas, dalam tiga pekan lanjutannya. Kalteng Putra mengalami kekalahan beruntun di markas Borneo FC (0-1), lalu menjamu PSS Sleman (0-2) dan kembali takluk di markas Persela Lamongan (0-3).

"Padahal, tidak ada pemain di tim ini yang berasal dari Palangkaraya," tutur Gomes De Oliveira dalam konferensi pers di Stadion Gelora Surajaya Lamongan.

"Tapi, dukungan suporter memang sangat kami butuhkan. Itu faktor yang penting untuk didapatkan tim ini," Pelatih Kalteng Putra itu melanjutkan.

Kendati demikian, Gomes tetap mencoba menguatkan kondisi psikologis anak asuhnya. Meski bermain jauh dari kandang sendiri tentu cukup merugikan, lantaran kurang mendapatkan suntikan motivasi dari suporter.

"Tapi apapun itu, kami tetap harus memperbaiki hasil-hasil yang sudah diperoleh sebelumnya," tandas eks pelatih Madura United tersebut.

Di Liga 1 musim ini, Kalteng Putra menjadi satu-satunya tim yang menjadi musafir. Stadion Sultan Agung di Bantul digunakan sebagai home base mereka untuk sementara, sembari menunggu renovasi Stadion Tuah Pahoe di Palangkaraya.