Bola Internasional

Muangthong United Bantah Keras Akan Diakusisi oleh Manchester City

Sabtu, 13 Juli 2019 18:15 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFC Championship League
Pemain Darul Takzim (kanan) mengontrol bola dari pemain Muangthong United Copyright: © AFC Championship League
Pemain Darul Takzim (kanan) mengontrol bola dari pemain Muangthong United

INDOSPORT.COM - Setelah dikabarkan akan diakuisisi oleh Manchester City melalui perusahaan City Football Group (CFG), pihak klub Muangthong United akhirnya buka suara soal kabar tersebut.

Dilansir dari laman Fox Sports, pihak Muangthong membantah kabar tersebut, dan tidak ada keinginan sedikit pun untuk menjual klub peraih empat gelar Liga Thailand tersebut.

"Kesepakatan itu tidak akan terjadi. Siam Cement Group (SCG) tidak memiliki rencana untuk menjual klub pada saat ini," ucap salah satu perwakilan klub.

Menurut direktur Muangthong, Ronnarit Suewaja, ketertarikan Manchester City untuk mengakusisi Muangthong sejatinya adalah hal yang wajar. Terlebih The Citizens memang sedang gencar-gencarnya untuk melakukan ekspansi ke pasar Asia saat ini.

"Sebuah hal normal bagi klub kelas dunia dengan reputasi internasional seperti Manchester City untuk masuk ke pasar Thailand. Entah itu ditujukan kepada Muangthong atau tim lain, kita harus menunggunya," ucap Ronnarit Suewaja.

Seperti yang sudah diketahui, City memang dikenal sebagai salah satu klub yang gemar mengakuisisi klub-klub di luar Inggris sebagai afiliasi. Salah satunya adalah New York City, klub asal Major League Soccer (MLS) dan Girona dari LaLiga Spanyol.

Afiliasi yang dilakukan oleh City sendiri bertujuan untuk menjadikan klub-klub tersebut sebagai 'akademi' The Citizens, sekaligus menjadi salah satu strategi marketing mereka untuk meraih pasar-pasar sepak bola di luar Inggris. Seperti kawasan Asia hingga Amerika.

Di sisi lain, Muangthong sendiri saat ini tengah berada di tren terburuk mereka. Pasalnya hingga pekan ke-17 Liga 1 Thailand, Muangthong hanya mampu mengumpulkan 20 poin dan harus bertengger di peringkat ke-12. Selisih tipis dari Suphanburi yang menempati dasar klasemen dengan perbedaan lima angka.