Liga Indonesia

Ricky Riskandi: Sosok yang Punya Tugas Lebih Berat dari Fakhri Husaini di Timnas U-19

Minggu, 14 Juli 2019 10:17 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ricky Riskandi, Sekretariat Timnas Sepak Bola Indonesia. Salah satu sosok penting dibelakang kesuksesan Timnas Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ricky Riskandi, Sekretariat Timnas Sepak Bola Indonesia. Salah satu sosok penting dibelakang kesuksesan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 kini tengah mempersiapkan diri jelang berlaga di ajang Piala AFF U-18 di Vietnam pada 8 hingga 19 Agustus 2019 mendatang. Fakhri Husaini tak sendiri dalam perjalanannya 'mengasuh' Timnas U-18, sosok Ricky Riskandi menjadi orang yang berada di belakang Fakhri bersama Timnas U-19

Meninggalkan pekerjaan yang telah digeluti 13 tahun sebagai staf di salah satu perusahaan swasta ternama, tentu bukan sebuah keputusan yang mudah. Namun hal tersebut Ricky Riskandi lakukan demi cinta terhadap olahraga favoritnya, sepak bola.

Sejak era kepemimpinan Edy Rahmayadi, Ricky masuk dan bekerja di PSSI. Ia pun didaulat sebagai administrator tim nasional

Untuk kisah lebih lanjut, INDOSPORT pun melakukan wawancara eksklusif dengan Ricky yang ditemui selepas mendampingi Fakhri Husaini mengurus segala keperluan Timnas Indonesia U-19.

"Jadi dulu itu saya bekerja sebagai administrator timnas dan bantu timnas U-16, itu berjalan sekitar dua tahun,"

"Namun sekarang, diganti oleh PSSI menjadi sekretaris timnas yang tugasnya menanggung semua masalah kesekretariatan dan lain-lain," jelas Ricky pada Sabtu (13/07/19).

Pria kelahiran 28 Juli 1982 ini mengungkapkan, banyak suka duka yang ia alami sejak bekerja di Timnas.

"Sukanya bisa travelling gratis ya, sedangkan dukanya kalau sedang mengatur jadwal flight atau memanggil anak-anak, itu sulit karena harus pas," ungkapnya. 

Peran Ricky dalam Timnas pun tidak main-main. Pasalnya, ia juga turut berperan dalam memilih pemain Timnas Indonesia U-16 sehingga bisa menjuarai Piala AFF 2018.

"Alhamdulillah, saya punya pengalaman yang sangat berkesan selama bekerja disini. Jadi, Coach Fakhri dan sayalah yang menemukan mereka (pemain) semua, mulai dari Timnas U-16 sampai Garuda Select,"

"Saya ikut membantu Coach Fakhri keliling Indonesia hingga kini, jadi hampir semua pemain timnas saya lihat masa kecilnya," kenangnya sembari tertawa.

Peran penting Ricky dalam Timnas juga turut diakui oleh Fakhri Husaini. Bahkan menurutnya, tugas Ricky lebih berat dari tugas yang ia emban.

"Orang banyak berpikir bahwa kesuksesan timnas hanya karena peran pelatihnya saja, padahal banyak peran orang di belakang yang tugasnya lebih berat dari pelatih, dan Ricky ini salah satunya," ujar Fakhri kepada INDOSPORT.