Bola Internasional

Tiru Indonesia, Malaysia Panggil Wasit Asing untuk Laga Final Piala FA 2019

Minggu, 14 Juli 2019 13:05 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Wasit laga perempat final Asian Games 2018 antara Timnas U-23 vs UEA, Shaun Evans. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Wasit laga perempat final Asian Games 2018 antara Timnas U-23 vs UEA, Shaun Evans.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengambil keputusan terkait wasit untuk pertandingan Kedah FA versus Perak FA di final Piala FA Malaysia 2019. Mereka resmi menggunakan pengadil asing.

Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, menerangkan bahwa wasit itu berasal dari Jepang, dengan perincian satu wasit utama dan dua lainnya adalah asisten wasit, sedangkan ofisial keempat akan dijabat wasit lokal Malaysia.

Sebenarnya, FAM juga sempat menghubungi FAT (Thailand) dan FFA (Australia), namun hanya JFA (Jepang) yang bersedia membantu Malaysia untuk mengamankan pertandingan final.

"FAM memutuskan untuk menggunakan ketiga wasit dari Jepang setelah meneliti latar belakang dan kualifikasi mereka," kata Stuart Ramalingam. dikutip dari media Malaysia Vocketfc.

Lebih lanjut, Ramalingam menegaskan bahwa pemanggilan wasit asing tidak bermaksud untuk merendahkan kualitas pengadil lokal Malaysia. Keputusan ini juga bersifat eksperimental.

Wasit asing dipilih demi melayani penggemar sepak bola Negeri Jiran yang ingin melihat kualitas wasit di pertandingan final, di mana pertandingan diprediksi akan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Kebijakan wasit asing sendiri pernah dilakukan oleh Indonesia. PSSI menyewa wasit asing untuk memimpin beberapa pertandingan Liga 1 2017, namun tidak berlangsung lama karena minim perbedaan yang signifikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%