Liga Indonesia

Jacksen Tiago Beberkan Resep Jitu Kalahkan Madura United

Rabu, 17 Juli 2019 00:32 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago saat memimpin timnya berlatih. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago saat memimpin timnya berlatih.

INDOSPORT.COM - Usai berhasil mendapatkan kemenangan perdananya saat mengalahkan Madura United di Stadion Mandala, Selasa (16/07/19), Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago lantas membeberkan sedikit resepnya.

Kata Jacksen, selain mempersiapkan tim mulai dari taktik hingga skuat yang akan diturunkan, ia juga memiliki filosofi yang selalu diterapkannya kepada semua jajaran pelatih.

Tak hanya itu, sebelum menghadapi laga, Jacksen juga membangun komunikasi yang intensif dengan semua elemen tim, baik dengan pemain maupun staf pelatih.

"Itu yang coba saya terapkan, meskipun belum sempurna tapi paling tidak kita sudah lama mengenal sehingga komunikasi saya dengan para pemain tidak lah sulit. Mungkin dengan faktor itu bisa menjadi sebuah kelebihan agar pemain bisa memahami apa yang saya inginkan," ujar Jacksen usai laga menghadapi Madura United.

Selain itu, Jacksen juga membeberkan jika kemenangan tersebut juga tak terlepas dari eksperimen yang dilakukannya. Jacksen memutuskan untuk merombak formasi dan mencoba mengganti posisi beberapa pemainnya.

© Sudjarwo/INDOSPORT.COM
Jacksen F Tiago mendapatkan sambutan atas kemenangan perdana Persipura di laga perdananya sebagai pelatih. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORT.COMJacksen F Tiago mendapatkan sambutan atas kemenangan perdana Persipura di laga perdananya sebagai pelatih.

"Hari ini dua pemain sayap Madura yang sangat agresif pada laga tadi tidak begitu nampak, karena kita menempatkan dua orang kuat disitu untuk matikan pergerakan mereka. Ini adalah hasil diskusi kita semalam dan beberapa pemain saya tukar posisinya, puji Tuhan berhasil dan kita bisa mendapatkan kemenangan," bebernya.

Jacksen juga mengaku ia sedikit memberikan motivasi kepada Boaz Solossa dan kolega agar kepercayaan diri mereka kembali terangkat. Jacksen juga enggan membeda-bedakan pemain muda dan senior, karena menurutnya semua pemain memiliki kualitas yang sama baiknya.

"Tinggal saya dan manajemen maupun semua pihak semuanya membantu pemain kita untuk lebih percaya diri terhadap kemampuan," lanjutnya.

"Saya rasa mereka masih bisa memberikan banyak hal kepada tim kita dan bersyukur kalau hari ini mereka tidak hanya melihat senior atau junior, tapi kita melihat sebagai Persipura dan kita harus bicara ini tidak ada perbedaan. Karena semua dengan baju yang sama dan satu tim," tutupnya.

Hasil ini membawa Persipura Jayapura berhasil menjauhi zona degradasi di klasemen sementara Shopee Liga 1 Indonesia 2019 dengan menempati urutan ke-15 melalui 7 poin dari 8 pertandingan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%