Liga Indonesia

Derby Papua di Liga 2 2019, Laga Usiran dan Kualias Stadion di Papua

Jumat, 19 Juli 2019 11:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Google/Muliawan Qp
Stadion Marora, Serui. Copyright: © Google/Muliawan Qp
Stadion Marora, Serui.

INDOSPORT.COM - Persewar Waropen menjamu PSBS Biak di Stadion Untung Suropati, Pasuruan.  Klub asal Papua sering menjadi korban laga usiran di Liga Indonesia. 

Setelah derby Papua menghilang dari Liga 1 2019, laga derby Papua di Liga 2 2019 kini lebih menjadi sorotan. Persewar Waropen akan menjamu PSBS Biak, Jumat (19/07/19). 

Laga ini menjadi derby Papua pertama di Liga 2 2019. Pertandingan Persewar Waropen menjadi sorotan karena dua hal. 

Yang pertama, karena Persewar Waropen dan PSBS Biak punya nasib berbeda. Persewar Waropen saat ini belum terkalahkan dan menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 2 2019 Wilayah Timur. 

Sedangkan PSBS Biak berada di posisi juru kunci dan hanya meraih 3 poin dari 4 pertandingan. Yang kedua, laga ini haris digelar di Pasuruan, bukan di Papua.  

Laga Usiran 

Klub-klub asal Papua dalam dua tiga tahun terakhir memang akrab dengan laga usiran. Pada Liga 1 2017 dan 2018, Perseru Serui (sebelum menjadi Perseru Badak Lampung FC) berkali-kali harus mengungsi. 

Perseru Serui sempat memakai Stadion Gajayana, Malang, sebagai home base karena Stadion Marora Serui kondisinya tak bisa menggelar laga malam hari. 

Nasib Persiwa Wamena di Liga 2 2018 lebih parah lagi. Persiwa Wamena tiga kali berganti home base dan tak bermain di Stadion Pendidikan, Wamena. 

© konijayawijaya.org
Stadion Pendidikan Wamena Copyright: konijayawijaya.orgStadion Pendidikan Wamena

Mulai dari Stadion Mashud Wisnusaputra, Kuningan, lalu Stadion Bima, Cirebon, dan juga Stadion Heri Sudrajat, Depok. 

Persiwa Wamena juga kahirnya harus terdegradasi ke Liga 3, sehingga derby Papua di Liga 2 berubah dari Persiwa vs PSBS menjadi Persewar vs PSBS. 

Kini di Liga 2 2019, Persewar Waropen harus menggelar laga kandang di Stadion Untung Suropati, Pasuruan. Persewar Waropen tak bisa menjamu lawannya di Stadion Mini Gelora Waropen

Kualitas Stadion di Papua 

Saat ini, baik di Liga 1, 2, atau 3, ada sekitar 11 klub yang berasal dari Papua. Seharusnya minimal ada 11 stadion sebagai kandang masing-masing klub. 

Dari segi kuantitas, sebenarnya ada lebih dari 11 stadion di Papua. Namun sayang kualitas stadion di Papua tidak merata seperti di pulau Jawa. 

Bahkan untuk informasi mengenai stadion-stadion di Papua pun sangat sulit untuk dicari. Jika diberikan ranking setidaknya ada 3 jenis stadion di Papua. 

Ranking A

Untuk stadion yang meraih ranking A di Papua saat ini setidaknya baru ada 2 stadion. Yang pertama adalah Stadion Mandala, markas Persipura Jayapura. 

Selain punya tribun yang bagus, Stadion Mandala juga dilengkapi papan skor elektronik, penerangan mumpuni dan rumput yang bagus. 

Stadion ke-2 adalah Stadion Papua Bangkit, stadion multifungsi ini dilengkapi dengan 40.000 single seat dan desain yang futuristik. 

Ranking B 

Stadion dengan ranking B di Papua tentu kualitasnya masih di bawah Stadion Mandala (Jayapura) dan Stadion Papua Bangkit (Jayapura). Untuk kategori ini setidaknya ada Stadion Marora (Serui) dan Stadion Barnabas Youwe (Jayapura). 

© Google/Leo Erdo
Stadion Barnabas Youwe Copyright: Google/Leo ErdoStadion Barnabas Youwe

Ranking C

Beralih ke stadion dengan kategori C saat ini ada Stadion Cenderawasih (Biak), Stadion Wania Impi (Mimika), Stadion Pendidikan (Wamena), Stadion Paniai (Paniai), Stadion Sapta Marga (Nabire), dan Stadion Katalpal (Merauke). 

Jika nantinya kualitas stadion di Papua sudah menyamai Stadion Mandala atau Papua Bangkit, problem laga usiran bisa hilang dari klub-klub asal Papua di kancah sepak bola Indonesia. 

© id.foursquare.com
Stadion Cendrawasih Copyright: id.foursquare.comStadion Cendrawasih