Bola Internasional

Jalani Musim Terbaik Bersama Liverpool, Mo Salah Lebih Hebat dari Ronaldo

Sabtu, 20 Juli 2019 18:13 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Stu Forster/Getty Images
Mohamed Salah punya catatan gol dan assist lebih baik dibanding Cristiano Ronaldo saat menjalani musim terbaik mereka. Copyright: © Stu Forster/Getty Images
Mohamed Salah punya catatan gol dan assist lebih baik dibanding Cristiano Ronaldo saat menjalani musim terbaik mereka.

INDOSPORT.COM – Mohamed Salah baru saja menjalani musim terbaik bersama Liverpool. Bintang asal Mesir itu bahkan dianggap lebih hebat dari eks Manchester United, Cristiano Ronaldo.

Sepanjang musim 2018/19, Salah menunjukkan permainan gemilang bersama Si Merah. Winger berusia 27 tahun itu bermain dalam 52 pertandingan Liverpool di semua kompetisi dengan catatan 27 gol serta 13 assist.

Apa yang ditunjukkan Salah musim lalu seolah mengulangi catatan impresifnya pada 2017/18 yang merupakan musim debutnya bersama Liverpool. Saat itu, eks penggawa AS Roma itu tampil dalam 52 pertandingan di semua ajang dengan catatan 44 gol plus 16 assist.

Jika ditotal, dalam dua musim berseragam Liverpool, Salah membukukan 71 gol dan 29 assist dalam 104 pertandingan. Catatan itu bahkan melebihi rekor Cristiano Ronaldo ketika menjalani musim terbaiknya bersama Manchester United.

Musim 2007/08 dan 2008/09 disebut-sebut sebagai periode terbaik Ronaldo ketika berseragam Setan Merah. Dalam dua  musim tersebut, pemain yang kini membela Juventus itu mampu melesakkan 68 gol dan mencetak 20 assist dalam 102 pertandingan di semua kompetisi.

Meski raihan trofi Mohamed Salah dalam musim terbaiknya tak sebanyak Cristiano Ronaldo, namun untuk urusan gol dan assist ia mampu mengungguli megabintang sepak bola asal Portugal tersebut.

Trofi Liga Champions musim 2018/19 sendiri merupakan gelar juara pertama Salah bersama Liverpool sejak ia didatangkan dari AS Roma pada jendela transfer musim panas tahun 2017 lalu.

Saat itu, Liverpool harus merogoh kocek sebesar 42 juta euro atau sekitar Rp730 miliar untuk memboyong Mohamed Salah ke Anfield.

Biaya transfer tersebut sempat membuat Salah memecahkan rekor sebagai pemain termahal Liverpool yang sebelumnya dipegang oleh Andy Carroll saat didatangkan dari Newcastle United dengan harga 35 juta euro (Rp609 miliar) pada tahun 2011 silam.