Liga Indonesia

Skuat Timnas Indonesia Minim Pemain Papua, Elie Aiboy Berikan Pandangannya

Senin, 22 Juli 2019 19:11 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persewar, Elie Aiboy. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persewar, Elie Aiboy.

INDOSPORT.COM - Elie Aiboy turut memberikan pandangannya perihal masih minimnya pemain terbaik asal Papua yang ada di skuat Timnas Indonesia senior di bawah asuhan Simon McMenemy saat ini.

Bagi dia, kebijakan memanggil pemain memang hak dari pelatih sepenuhnya. Termasuk pemanggilan pemain asal Papua, yang masih sedikit di skuat tim nasional.

Dalam tim proyeksi pelatih asal Skotlandia itu, baru ada tiga nama yang merupakan bakat terbaik asal Papua. Yaitu Ruben Karel Sanadi (Persebaya Surabaya), Rudolf Yanto Basna (Sukothai Thailand), dan Yustinus Pae (Persipura Jayapura).

"Tapi saya pikir, Coach Simon masih bisa melihat sejumlah pemain asal Persipura," kata Elie Aiboy pasca pertandingan Liga 2 di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Jumat 19 Juli lalu. 

Pendapat itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, tim Mutiara Hitam sudah dikenal sebagai tim yang mewadahi sejumlah bakat terbaik asal Papua.

Di musim ini, ada sejumlah anak muda yang bisa setidaknya menjadi pertimbangan Simon McMenemy. Sebut saja seperti Gunansar Mandowen atau Todd Rivaldo Ferre yang terus mengasah kemampuannya bersama Boaz Solossa di Liga 1.

"Tapi saya pikir, keberadaan mereka (tiga pemain asal Papua) di timnas sudah merupakan yang terbaik dalam penilaian Coach Simon," kata Elie.

"Dia juga pasti tahu celah (di sektor) mana yang memang menjadi kebutuhan timnya," sambung winger legendaris Timnas Indonesia di era Bambang Pamungkas tersebut.

Terlepas dari apapun itu, setiap pelatih di Timnas Indonesia memang perlu untuk selalu didukung. Pasalnya, pemilihan mereka sudah menjadi pertimbangan terbaik bagi PSSI bagi masa depan tim nasional Indonesia.

1