Liga Indonesia

Dede Sulaiman Kembali Jadi Pilihan Utama, Begini Komentar Pelatih Kiper Persipura

Selasa, 23 Juli 2019 17:20 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper Utama Persipura Jayapura, Dede Sulaiman. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper Utama Persipura Jayapura, Dede Sulaiman. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang senior milik klub Persipura Jayapura saat ini, Dede Sulaiman kembali mendapatkan kepercayaan penuh sebagai kiper utama dalam beberapa pertandingan terakhir yang dilakoni klubnya.

Dede lantas membayar kepercayaan tersebut dengan berhasil mencatatkan dua kali clean sheet saat timnya mengalahkan Madura United dan Bhayangkara FC.

Sang pelatih kiper, Alan Haviludin pun meminta kepada publik untuk tak terus-menerus menyoroti performa anak asuhnya itu di beberapa laga sebelumnya.

Alan pun mengaku punya banyak pertimbangan yang membuatnya harus kembali menempatkan Dede di posisi utama.

"Sebenarnya selama ini kita kalah di mana, apakah karena kiper? Sebenarnya tidak, kenapa kemarin-kemarin kita istirahat kan Dede, karena di satu sisi kita lihat psikologisnya juga, dia banyak dapatkan tekanan yang luar biasa dari publik."

"Sebenarnya dari sisi kiper tidak ada masalahnya. Kita juga harus jeli lihat itu," ungkap Alan kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (23/7/19). 

Meski kembali menurunkan Dede sebagai kiper utama di empat laga terakhir, Alan tetap menilai semua kiper yang dimiliki Persipura saat ini punya peluang yang sama untuk bermain penuh.

"Saya tidak mempermasalahkan siapapun kipernya. Dari segi pemain, siapa yang lebih siap itu yang saya pasang," tekannya.

Persipura sendiri dalam beberapa pertandingan sebelumnya kerap menggonta-ganti pemain di posisi kiper utama. Selain Dede Sulaiman, ada Panggih Prio Sembodho dan juga Mario Fabio Londok.