Liga Indonesia

Indra Sjafri Protes Regulasi SEA Games 2019, Rugikan Indonesia?

Selasa, 23 Juli 2019 14:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri secara terbuka menyatakan keberatannya dengan regulasi panitia SEA Games 2019 yang hanya memperbolehkan tim mendaftarkan dan membawa 20 pemain. Kondisi itu dinilai tidak ideal, mengingat setiap tim akan memainkan banyak pertandingan di babak penyisihan grup.

Indra mengatakan, jadwal yang padat di babak penyisihan grup (kemungkinan 4 kali pertandingan dalam 8 hari) tentu sangat melelahkan, dan jumlah 20 pemain tersebut dianggap kurang. Pasalnya perlu adanya rotasi untuk memberikan kesempatan beristirahat bagi anak asuhnya.

"Di SEA Games, ini yang lagi diperjuangkan oleh beberapa negara. Ada yang minta 23 pemain dengan 8 official. Sekarang, yang sudah di regulasi SEA Games itu hanya 20 pemain dan 6 official. Ini saya pikir tidak ideal, apalagi dengan event yang sangat ketat, satu minggu bisa main tiga kali," katanya.

Saat ini, Indra Sjafri tengah memimpin Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Ia memanggil 26 pemain dan sebagian besar adalah nama-nama baru yang ingin dilihat kemampuannya, guna di daftarkan dalam 40 nama (list sementara) pada September mendatang.

"Jadi periodesasi persiapan SEA Games itu nanti kami mulai setelah dapat 40 pemain di September, makanya di September, Oktober, November, itu kita sudah gak ada lagi cari pemain baru. Kita sudah fokus untuk menyiapkan tim menuju SEA Games," urainya.

Pada pemusatan latihan kali ini, Indra Sjafri juga mengagendakan satu laga uji coba melawan tim lokal. Tim yang akan menjadi lawan Garuda Muda adalah Lampung Selection pada 28 Juli nanti di Stadion Sumpah Pemuda.