Liga Indonesia

Rekap Top Skor Liga 1: Debutan Brasil Berjaya, Dominasi Eropa 2 Musim Terakhir Luntur?

Selasa, 23 Juli 2019 21:22 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Shopee Liga 1 2019 baru memasuki pekan ke-10, tapi persaingan di daftar top skor telah menunjukan bahwa Brasil tengah mendominasi, apakah itu pertanda hegemoni Penyerang Eropa telah berakhir?

Hingga pekan kesepuluh, pemuncak di daftar top skor Liga 1 2019 tengah ditempati oleh penyerang Persela Lamongan, Alex Goncalves. Pemain asal Brasil itu telah mencetak 8 gol dari 8 laga yang telah ia jalani.

Di bawahnya, ada Ciro Alves yang juga sesama penyerang asal Brasil seperti Alex Goncalves. Striker andalan dari klub pemuncak klasemen sementara Liga 1, Tira-Persikabo itu telah mengemas 7 gol dari 9 laga yang telah ia lakoni.

Hadirnya duo striker Brasil itu dalam daftar teratas top skor Liga 1 itu seakan menunjukan bahwa ada perlawanan terhadap hegemoni pemain dari Eropa. Sebelumnya dalam dua musim terakhir, top skor Liga 1 selalu berasal dari benua Eropa.

Top Skor Liga 1 2018

© liga-indonesia.id
Top Skor Liga 1 2018 Alekandar Rakic Copyright: liga-indonesia.idTop Skor Liga 1 2018 Alekandar Rakic

Seperti yang terjadi pada Liga 1 2018 lalu, penyerang asal Serbia, Aleksandar Rakic meraih sepatu emas setelah mencetak 21 gol dalam 34 laga yang dimainkan. Rakic berhasil menyalip penyerang Brasil yang bermain di Persebaya Surabaya, David da Silva yang terpaut satu gol saja.

Keberhasilan Rakic menjadikan penyerang asal Eropa terlihat lebih produktif dibanding mereka yang berasal dari benua lain. Tak hanya itu, Rakic juga saat itu menjaga tradisi bahwa top skor Liga 1 berasal dari Eropa.

Top Skor Liga 1 2017

© Instagram@SylvanoComvalius
Marquee Player Bali United, Sylvano Comvalius. Copyright: Instagram@SylvanoComvaliusMarquee Player Bali United di Liga 1 2017, Sylvano Comvalius.

Sebelum Rakic, ada Sylvano Comvalius yang sukses menyabet penghargaan top skor Liga 1 2017 bersama Bali United. Penyerang asal Belanda itu sukses mencetak 37 gol hanya dalam 34 laga yang dimainkan.

Kini hegemoni penyerang dari benua Eropa yang telah menguasai Liga 1 sejak 2017 hingga 2018 sedang diganggu oleh pemain Brasil. Praktis untuk sementara hanya ada Marko Simic sebagai perwakilan Eropa yang berada di jajaran atas daftar top skor Liga 1 2019.

Simic yang membela Persija Jakarta saat ini hanya terpaut dua gol saja dengan Alex Goncalves. Tapi itu pun perolehan Simic masih disamai oleh penyerang Brasil lainnya yaitu Rafael Silva yang merupakan pemain andalan Barito Putera.

Menarik untuk dinanti apakah ada penyerang Brasil yang akan sukses menjadi top skor Liga 1 2019 atau justru kembali direbut oleh pemain dari Eropa?