Liga Indonesia

4 Dosa dari Ditundanya Final Kratingdaeng Piala Indonesia PSM Makassar vs Persija Jakarta

Senin, 29 Juli 2019 11:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar vs Persija Jakarta Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar vs Persija Jakarta
Final Kratingdaeng Piala Indonesia Ditunda Secara Mendadak

Berdasarkan regulasi pasal 8 disebutkan penundaan laga di Piala Indonesia hanya bisa dilakukan selambat-lambatnya 5 hari dengan alasan seperti keamanan. Dalam kasus final kemarin, Persija mempermasalahkan keamanan tim.

Sehingga seharusnya laga baru bisa ditunda 5 hari sebelum final berlangsung. Dalam regulasi tersebut, lebih lanjut dijabarkan juga bahwa penundaan laga bisa terjadi kurang dari 5 hari pra laga andai terjadi kondisi force majeure.

Regulasi PSSI soal jadwal pertandingan. Copyright: Instagram@akmalmarhali20Regulasi PSSI soal jadwal pertandingan.

Maksudnya adalah keadaan mendadak seperti adanya perang, gempa bumi, banjir besar atau bencana alam lainnya. Sedangkan dalam duel PSM Makassar vs Persija Jakarta, tak terjadi perang ataupun bencana alam.

Sanksi Bagi Tim yang Tidak Hadir dalam Pertandingan

Korban pelemparan batu Bus Persija jelang leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia, Sabtu (27/07/19). Foto: Instagram@dogbro Copyright: Instagram@dogbroKorban pelemparan batu Bus Persija jelang leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia, Sabtu (27/07/19). Foto: [email protected]

Dalam kode disiplin pasal 58, disebutkan sanksi bagi mereka yang tidak hadir dalam pertandingan di Piala Indonesia atau walk out. Berdasarkan regulasi itu, tim yang menolak untuk hadir akan diberi kekalahan 0-3 dengan pengurangan poin dan denda yang sudah menanti.

© PSSI
Kode Disiplin PSSI 2018 Pasal 58 Copyright: PSSIKode Disiplin PSSI 2018 Pasal 58

Persoalan Persija Jakarta yang tidak hadir dalam pertandingan final memunculkan spekulasi kalau Macan Kemayoran akan dikenai sanksi.

Tapi di satu sisi sudah ada surat resmi PSSI untuk menunda laga sehingga bisa jadi itu bakal jadi argumen untuk mematahkan ancaman sanksi.

© PSSI
Surat keputusan PSSI mengenai penundaan final leg 2 Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 PSM Makassar vs Persija Jakarta Copyright: PSSISurat keputusan PSSI mengenai penundaan final leg 2 Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 PSM Makassar vs Persija Jakarta

Apapun itu segala kejanggalan dari ditundanya laga PSM vs Persija telah membuat banyak pecinta sepak bola Indonesia kebingungan karena ada banyak regulasi yang ditabrak begitu saja.

Bagi Akmal Marhali, itu adalah dosa yang merupakan wajah sepak bola kita, tapi tentu perlu dijadikan pelajaran agar tak terulang lagi di masa depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%