Liga Inggris

4 Alasan Romelu Lukaku Sebaiknya Bertahan di Manchester United

Rabu, 31 Juli 2019 17:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getty images
Romelu Lukaku melakukan selebrasi. Copyright: © getty images
Romelu Lukaku melakukan selebrasi.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada empat alasan untuk striker Romelu Lukaku sebainya bertahan lebih lama di klub Liga Primer Inggris (Premier League) Manchester United.

Masa depan Romelu Lukaku saat ini masih tanda tanya besar di Manchester United. Lantaran banyak rumor yang beredar kalau striker asal Belgia ini bakal hengkang.

Sederet media massa dunia menjelaskan kalau Lukaku tengah diincar oleh tiga klub raksasa Serie A Italia, yakni Juventus, Inter Milan, dan Napoli.

Ketiga klub tersebut bahkan dikabarkan telah bertemu dengan agen Lukaku agar mempercepat kepindahan sang pemain dari Manchester United ke klub baru.

Diwartakan Sempre Inter, kalau Lukaku sebenarnya memilih untuk gabung ke Inter Milan. Bahkan, ia sendiri kabarnya ingin cepat-cepat bisa pindah ke Giuseppe Meazza.

Sedangkan Juventus, tanpa ragu bakal menukar gelandang magis Paulo Dybala untuk mendatangkan Lukaku seperti dilaporkan Football Italia.

© Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Lukaku berduel dengan Azpilicueta Copyright: Darren Walsh/Chelsea FC via Getty ImagesStriker Manchester United Romelu Lukaku (kiri) berduel dengan bek Chelsea Cesar Azpilicueta (kanan).

Sementara itu, Napoli tak begitu intens dalam mendekati Lukaku. Tampaknya mereka hanya ingin memanaskan bursa transfer saja.

Meski begitu menjelang akhir bursa transfer musim panas 2019/2020 masa depan Lukaku di Manchester United masih tanda tanya besar.

Namun ada alasan tersendiri jika Lukaku sebaiknya bertahan di Manchester United hingga masa baktinya habis ataupun memperpanjang kontrak.

1. Cocok di Inggris

© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: INDOSPORTLogo Liga Primer Inggris.

Alasan Romelu Lukaku bertahan di Mancheseter United ialah kalau gaya bermainnya sudah lebih cocok di Liga Primer Inggris dibanding Serie A Italia.

Pasalnya Lukaku pernah menurutnya kalau bermain di Liga Primer Inggris tak selalu menuntut otot bergerak selalu dalam 90 menit.

"Ketika bermain di Liga Primer Inggris, Anda tidak bisa bermain dengan jumlah otot yang sama ketika berlaga di level tim nasional," ujar Lukaku dikutip Talk Sport, Desember 2018.

2. Paham Keinginan Solskjaer

© INDOSPORT
Romelu Lukaku dan Ole Gunnar Solskjaer Copyright: INDOSPORTStriker Manhcester United Romelu Lukaku (depan) berpelukan dengan pelatih Ole Gunnar Solskjaer (belakang).

Selain itu alasan Romelu Lukaku bertahan tampaknya sudah paham dengan keinginan skema pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer.

Sebab Solskjaer turut mengubah gaya bermain Lukaku yang tadinya sebagai target man menjadi striker yang lebih bebas di area kotak penalti.

"Dia (Lukaku) bisa lewati bek lawan atau menjemput bola. Dia memiliki kemampuan striker kelas atas," papar Solskjaer dinukil Manchester Evening News, Januari 2019.

3. Rela Turun Gaji

© SPORTbible
Lukaku dikabarkan segera tinggalkan Manchester United dan gabung Inter Milan di bursa transfer musim panas 2019. (Foto: SPORTbible) Copyright: SPORTbibleLukaku dikabarkan segera tinggalkan Manchester United dan gabung Inter Milan di bursa transfer musim panas 2019. (Foto: SPORTbible)

Kemudian alasan Lukaku bertahan di Manchester United adalah dia mesti siap turun gaji ketika berlabuh ke Inter Milan atau Juventus di Serie A Italia.

Pasalnya Lukaku mendapatkan gaji sebesar Rp4,6 miliar per pekan di Manchester United. Sedangkan kalau pindah ke Inter Milan, Lukaku hanya mendapatkan upah Rp2 miliar saja.

Hal itu berdasarkan laman Gazzetta dello Sport, Juni 2019. Tampaknya alasan ini harus dipertimbangkan lagi oleh Lukaku jika ingin benar-benar pindah ke Serie A Italia.

4. Inggris Banyak Turnamen

© Nils Petter Nilsson/Getty Images
Aksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17. Copyright: Nils Petter Nilsson/Getty ImagesAksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17.

Alasan terakhir tampaknya membuat Lukaku bertahan di Manchester United adalah kalau Inggris memiliki banyak turnamen yang bisa dimenangkan Lukaku.

Meski musim 2019/2020 Manchester United tak tampil di kompetisi Eropa, tetapi beberapa turnamen seperti FA Cup, Carabao Cup, dan Liga Primer Inggris bisa dimenangkan Lukaku.

Sedangkan untuk hengkang ke Inter Milan, Lukaku belum dapat jaminan untuk bisa memenangkan sederet turnamen di Italia. Mengingat dominasi Juventus masih sangat kuat di sana.