Liga Indonesia

Prediksi Pertandingan Liga 1 2019 Bhayangkara FC vs Madura United: Kudeta Papan Atas?

Sabtu, 3 Agustus 2019 14:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Indosport.com
Pertandingan Bhayangkara FC vs Madura United. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pertandingan Bhayangkara FC vs Madura United.

INDOSPORT.COM – Duel sengit akan tersaji di pekan ke-12 kompetisi Shopee Liga 1 2019, yakni antara Bhayangkara FC yang akan menjamu Madura United di Stadion Madya Senayan, Senin (05/08/19) malam. Pemenang dari laga pamungkas ini akan mengukuhkan diri di papan atas klasemen, bahkan berpeluang untuk mengkudeta posisi teratas.

Ya, saat ini tuan rumah Bhayangkara FC memang masih tertahan di peringkat kedelapan klasemen sementara, dengan capaian 15 poin dari 11 laga. Namun jika skuat besutan Angel Alfredo Vera sukses mengamankan tiga poin, maka The Guardian akan merangsek ke lima besar klasemen.

Lain halnya dengan Madura United yang setidaknya sudah mengoleksi 20 poin dari 10 pertandingan, sehingga saat ini masih kokoh bertengger di peringkat ketiga. Andai Andik Vermansyah dan kawan-kawan mampu merebut tiga poin dari tuan rumah, maka peluang untuk mengkudeta posisi Tira Persikabo di puncak semakin terbuka lebar.

Hanya saja jika menilik catatan Laskar Sapeh Kerrab di lima laga terakhir, hanya ada dua kemenangan dan satu hasil imbang, sementara dua laga lainnya berujung pada kekalahan, termasuk di laga terakhir menjamu PSS Sleman dengan skor akhir 0-1, Rabu (31/07/19) lalu.

Kondisi ini lebih baik dari apa yang didapat Bhayangkara FC, yang hanya mampu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang di lima laga teranyar. Dua kekalahan beruntun saat menjamu Persipura Jayapura dan bertandang ke markas Arema FC menjadi pukulan telak bagi Putu Gede dan kawan-kawan.

Dari sepuluh pertemuan kedua tim di berbagai kompetisi, Bhayangkara FC unggul dengan catatan lima kemenangan, sementara tim asal Jawa Timur itu hanya mampu meraih satu kali kemenangan. Bahkan dari lima pertemuan terakhir, Bhayangkara FC mampu memenangkan empat laga, dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Lantas, jika berkaca dari materi pemain dan statistik pertemuan kedua tim, siapa yang berpeluang besar untuk meraih kemenangan dan beranjak ke posisi atas?

Player to Watch:

Bhayangkara FC: Herman Dzumafo Epandi

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Bhayangkara FC, Herman Dzumafo menutup kemenangan atas PSM Makassar pada leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia (27-04-2019) di Stadion PTIK, Jakarta. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi pemain Bhayangkara FC, Herman Dzumafo menutup kemenangan atas PSM Makassar pada leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia (27-04-2019) di Stadion PTIK, Jakarta. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Tak dapat disangkal jika striker kawakan Herman Dzumafo Epandi menjadi sosok yang paling ditakuti di lini depan Bhayangkara FC. Pesepakbola 39 tahun itu hampir tak pernah absen di setiap laga, dan kini telah mencatatkan empat gol dan satu assist dari total sembilan laga yang ia mainkan musim ini.

Teranyar, Dzumafo turut mengoyak gawang Arema FC dengan satu gol di menit ke-64, meski saat itu Bhayangkara harus takluk dengan skor tipis 3-2 dari Singo Edan, dan bek Putu Gede Juniantara harus menerima kartu merah jelang menit akhir pertandingan.

Madura United: Aleksandar Rakic

© Fitra Herdian/Indosport.com
Selebrasi pemain Madura United, Aleksandar Rakic usai menjebol gawang Persebaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comSelebrasi pemain Madura United, Aleksandar Rakic usai menjebol gawang Persebaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com

Satu-satunya pemain Madura United yang dirasa mampu menandaingi ketajaman Dzumafo adalah Aleksandar Rakic. Striker asing asal Serbia itu mengemban tugas berat untuk melesakkan gol ke gawang Bhayangkara yang kemungkinan besar akan dikawal oleh Awan Setho Rahardjo.

Musim ini Rakic sudah membukukan lima gol dari sepuluh laga, ia juga mengoleksi dua assist untuk kemenangan Madura United. Menghadapi The Guardian, peluang Rakic untuk menambah pundi-pundi gol semakin terbuka lebar dengan absennya Putu Gede.

Head to Head Bhayangkara FC vs Madura United:

09/11/18 Madura United 1-2 Bhayangkara FC

07/06/18 Bhayangkara FC 1-0 Madura United

08/11/17 Madura United 1-3 Bhayangkara FC

13/07/17 Bhayangkara FC 2-1 Madura United

22/10/16 Madura United 1-1 Bhayangkara FC

Lima Pertandingan Terakhir Bhayangkara FC:

26/07/19 Arema FC 3-2 Bhayangkara FC

21/07/19 Bhayangkara FC 0-1 Persipura Jayapura

17/07/19 Semen Padang 2-3 Bhayangkara FC

13/07/19 PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC

04/07/19 Bhayangkara FC 1-1 Tira Persikabo

Lima Pertandingan Terakhir Madura United:

31/07/19 Madura United 0-1 PSS Sleman

27/07/19 Madura United 5-1 Perseru Badak Lampung FC

20/07/19 Madura United 1-0 Arema FC

16/07/19 Persipura Jayapura 1-0 Madura United

12/07/19 Tira Persikabo 2-2 Madura United

Prediksi INDOSPORT:

Bhayangkara FC: 30%

Imbang: 40%

Madura United: 30%