Liga Indonesia

Raih Sepatu Emas, Zulham Zamrun Samai Rekor Langka Striker Legendaris Arema

Rabu, 7 Agustus 2019 11:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© sportourism.id/koncomacan
Zulham Zamrun samai rekor Emalue Serge. Foto: sportourism.id/koncomacan Copyright: © sportourism.id/koncomacan
Zulham Zamrun samai rekor Emalue Serge. Foto: sportourism.id/koncomacan

INDOSPORT. COM - Zulham Zamrun, pemain PSM Makassar, diketahui berhasil menyamai rekor langka yang selama ini dipegang oleh penyerang legendaris Arema Malang.

Keberhasilan Zulham tersebut tak lepas dari kiprahnya di ajang Kratingdaeng Piala Indonesia. Dia mampu membawa PSM Makassar juara plus meraih gelar top skor kompetisi dengan perolehan 10 gol.

Perlu dicatat, seorang top skor di ajang Piala Indonesia yang bisa membawa timnya juara adalah fenomena langka. Sebelumnya, sudah banyak deretan pemain berlabel top skor Piala Indonesia, tapi gagal mengantarkan prestasi tertinggi untuk timnya.

Pada edisi 2012, top skor Piala Indonesia jatuh ke tangan pemain Persik Kediri, Oliver Makor. Namun, langkah Persik kala itu hanya bisa menjejak perempat final saja.

Piala Indonesia 2010, gelar top skor dirajai oleh penggawa Persib Bandung, Cristian Gonzales dengan torehan 10 gol. Akan tetapi, pada edisi tersebut, tim yang keluar sebagai juara adalah Sriwijaya FC.

Berlanjut kepada Piala Indonesia 2009, ada dua pemain yang meraih top skor, yakni pemain Persijap Jepara, Pablo Frances, dan bomber Persibo Bojonegoro, Samsul Arif. Keduanya sama-sama mengoleksi delapan gol, tapi tak cukup untuk menghentikan langkah Sriwijaya FC yang akhirnya keluar sebagai juara.

Cerita di Piala Indonesia 2007/08 dan 2005 pun serupa. Beto Goncalves yang berhak meraih top skor bersama Persipura, tak berdaya saat jumpa Sriwijaya FC di partai final, sedangkan Javier Rocha hanya bisa membawa klubnya, Persegi Gianyar, melaju sampai perempat final.

Bagaimana dengan edisi 2006? Catatan peraih top skor yang mampu membawa klubnya juara Piala Indonesia sebelumnya hanya bisa ditorehkan oleh penyerang legendaris Arema Malang, Emaleu Serge.

Serge tampil luar biasa bagi Arema di Piala Indonesia 2006. Ia berhasil meraih gelar top skor berkat torehan enam gol, dan membawa Arema menang 2-0 atas Persipura Jayapura di final.

Rekor Emaleu Serge yang sudah bertahan lebih dari sedekade itu akhirnya berhasil disamai oleh Zulham Zamrun. Cristiano Ronaldo Indonesia sukses mengikuti jejak pendahulu dengan merajai daftar top skor plus mengangkat trofi juara.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
75%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%