In-depth

Meraba Kekokohan Go Dau Stadium, Venue Piala AFF U-18 2019 Beratap Minimalis

Kamis, 8 Agustus 2019 15:29 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© wikipedia.org
Go Dau Stadium, venue pertandingan Piala AFF U-18 2019 dan kandang Becamex Binh Duong. Copyright: © wikipedia.org
Go Dau Stadium, venue pertandingan Piala AFF U-18 2019 dan kandang Becamex Binh Duong.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kedua timnas Indonesia U-18 melawan Timor Leste, Kamis (08/08/19), akan berlangsung di Go Dau Stadium pukul 16.00 WIB.

Indonesia U-18 tidak akan bertarung di Stadion Binh Duong 2 lagi yang notabene merupakan lapangan latihan klub V-League, Becamex Binh Duong.

Induk sepak bola Indonesia, PSSI, lantas melayangkan protes atas ketidaklayakan Stadion Binh Duong 2 sebagai venue pertandingan Piala AFF U-18 2019.

“Setelah tim kami (Indonesia) melakukan pengecekan secara teliti soal kondisi lapangan, kami dalam posisi menilai bahwa lapangan tidak sesuai untuk standar Piala AFF U-18, terutama untuk keselamatan pemain,” tulis PSSI dalam surat protesnya.

“Lebar dari lapangan tidak ideal dan garis tepi lapangan terlalu dekat dengan pagar area. Kami berharap AFF dan panpel melakukan pengecekan ulang lebih detail dan memindahkan babak awal Grup A yang mana dilaksanakan di Lapangan Binh Duong 2 ke lapangan yang lebih mendekati standar, termasuk standar keselamatan pemain.”

Timnas U-18 tidak akan bermain di Stadion Binh Duong 2 lagi dan akan menjalani lanjutan pertandingan babak penyisihan Grup A di Go Dau Stadium atau Thong Nhat Stadium.

Di laga melawan Timor Leste nanti, Indonesia U-18 akan menjajal rumput Go Dau Stadium. Di tengah cuaca buruk, mampukah Go Dau Stadium tetap menjaga kekokohannya?

Terlepas dari itu, mari melihat fakta-fakta Go Dau Stadium sebagai venue pertandingan Piala AFF U-18 2019. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengulasnya untuk Anda.

Alami Renovasi

© StadiumDB.com
Stadion yang akan digungan untuk pertandingan Persija vs Becamex. Copyright: StadiumDB.comStadion yang akan digungan untuk pertandingan Persija vs Becamex.

Go Dau Stadium dibangun mulai berdiri sejak 1973. Pembangunannya memakan waktu selama dua tahun dan baru dibuka tahun 1975.

Pengelolaan stadion yang berlokasi di wilayah Thu Dau Mot ini dipegang oleh Pemerintah Vietnam. Tahun 1985, Go Dau Stadium mengalami renovasi.

Renovasi Go Dau Stadium yang diarsiteki Grup International Hanoi memakan biaya 40 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp560 miliar jika dikonversi dengan kurs dolar ke rupiah saat ini (Agustus 2019).

Go Dau Stadium memiliki kapasitas daya tampung penonton sebanyak 18.250 kursi. Area dalam stadion dilengkapi trek lari dan layar skor yang besar.

Go Dau Stadium rupanya tidak hanya dipakai sebagai venue pertandingan sepak bola. Pada tahun 2011, boy band kenamaan asal Korea Selatan, Super Junior, pernah manggung di sana dalam tur Asia Super Show 3.

Satu Atap

Jika diamati, Go Dau Stadium mayoritas menggunakan tribune terbuka. Keberadaan atap sebagai tempat berteduh begitu minimalis karena hanya menutupi bagian VIP.

Pada penyelenggaraan Piala AFF U-18 2019 kali ini, rumput Go Dau Stadium juga akan diuji oleh cuaca yang tak menentu di Vietnam.

© Youtube/NEXT SPORTS
Go Dau Stadium yang digunakan sebagai venue pertandingan Piala AFF U-18 2019, Selasa (08/08/19), Timor Leste vs Brunei Copyright: Youtube/NEXT SPORTSKondisi rumput Go Dau Stadium usai pertandingan Piala AFF U-18 2019, Selasa (06/08/19), Timor Leste vs Brunei

Hujan berintensitas sedang yang kerap mengguyur lapangan dapat secara perlahan menggerus rumput Go Dau Stadium. Hal itu mulai terlihat setelah laga pertama terakhir Grup A antara Timor Leste melawan Brunei.

Masalah stadion yang buruk terus terjadi setiap tahun dalam penyelenggaraan Piala AFF U-18. Meski hanya level kompetisi kelompok umur, venue pertandingan seharusnya tetap memperhatikan standar kelayakan dan keselamatan pemain.