Liga Indonesia

3 Pemain yang Dibeli Mahal oleh Klub Indonesia

Minggu, 11 Agustus 2019 15:44 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ShopeeLiga1
Sepak bola Indonesia dikenal dengan salah satu metode transfernya yang unik, yaitu mendatangkan pemainnya dengan gratis. Copyright: © ShopeeLiga1
Sepak bola Indonesia dikenal dengan salah satu metode transfernya yang unik, yaitu mendatangkan pemainnya dengan gratis.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia dikenal dengan salah satu metode transfernya yang unik, yaitu mendatangkan pemainnya dengan gratis. Namun, tahukah kalian ternyata ada beberapa pemain yang didatangkan dengan biaya mahal. Siapa sajakah mereka?

Liga 1, atau kasta tertinggi sepakbola, dikenal sebagai salah satu liga yang memiliki metode unik dalam mendatangkan para pemainnya. Biasanya, klub-klub asal Indonesia merekrut pemain-pemain yang tidak memiliki klub, alias bebas transfer.

Sebut saja penyerang Persebaya Surabaya, Amido Blade, yang didatangkan oleh Bajul Ijo pada awal musim ini secara cuma-cuma. Padahal penyerang 28 tahun ini merupakan pemain yang cukup mentereng dalam kariernya.

Pernah menjadi andalan klub asal Skotlandia, Celtic FC pada beberapa tahun silam. Dan juga, merupakan pemain jebolan akademi Sporting Lisbon.

Di sisi lain, keunikan transfer klub-klub sepak bola Indonesia juga bisa dilihat dengan durasi kontrak yang diberikan. Umumnya, seluruh pemain, baik asing atau lokal akan mendapatkan kontrak selama satu tahun saja--didalam kontrak ini terdapat pula klausul pemutusan secara sepihak, apabila sang pemain tak kunjung memberikan kontribusi yang berarti.

Sebut saja yang terbaru, Zah Rahan Krangar, yang dilepas oleh Madura United akibat mengalami cedera panjang. Dan kemungkinan penyerang Semen Padang, Karl Max Barthelemy akan bernasib sama.

Namun, apakah kalian tahu, dibalik segala keunikan metode transfer sepak bola Indonesia, ternyata ada beberapa pemain yang didatangkan dengan metode pada umumnya, yakni diboyong dengan mahar atau uang transfer. Siapa saja kah mereka? 

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT paparkan langsung 3 pemain yang didatangkan dengan sejumlah mahar oleh klub-klub sepak bola Indonesia.