In-depth

Analisis Pertandingan Piala AFF U-18 Myanmar vs Indonesia: Kurang Impresif

Rabu, 14 Agustus 2019 18:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-18 pada laga saat melawan Filipina. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-18 pada laga saat melawan Filipina.

INDOSPORT.COM - Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Myanmar di Piala AFF U-18 2019. Berikut analisis pertandingan Piala AFF U-18 2019, Myanmar vs Indonesia.

Pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF U-18 2019 antara Myanmar vs Indonesia telah berakhir. Kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1. 

Myanmar unggul lebih dulu pada menit ke-50 berkat gol dari Hein Htet Aung. Sementara itu gol balasan dari Indonesia lahir dari tendangan bebas Rizky Ridho. 

Hasil imbang tersebut sudah cukup untuk membuat Timnas Indonesia U-18 menjadi juara Grup A Piala AFF U-18 2019. Meski begitu, dari segi permainan masih banyak yang patut diperbaiki oleh anak asuh Fakhri Husaini. 

Kurang Impresif

Timnas Indonesia U-18 bermain hampir sama dengan pertandingan melawan Laos di babak pertama. Bagus Kahfi dkk gagal mencetak gol di babak pertama. 

Bedanya, peluang saat melawan Myanmar lebih banyak dibandingkan dengan melawan Laos. Sayangnya peluang-peluang tersebut terbuang karena bola melebar dan tak tepat sasaran.

Peluang-peluang yang ada juga sering kandas di kotak penalti Myanmar. 

Kedalaman Skuat 

Sejumlah rotasi dilakukan Fakhri Husaini pada pertandingan melawan Myanmar. Adi Satrio, Rendy Juliansyah, hingga Khairul Imam dimainkan sejak awal. 

Rendy Juliansyah tampil cukup bagus dengan umpan-umpan dan peluang yang ia ciptakan. Namun di sisi lain Adi Satrio dan Khairul Imam tampil kurang bagus. 

Adi Satrio harus kebobolan satu gol dalam pertandingan, sedangkan Khairul Imam kurang bisa membantu peran dari Beckham Putra di lini tengah. 

Permainan Indonesia juga bisa lebih hidup setelah David Maulana dimasukkan di babak kedua. Ini membuktikan kedalaman skuat di Timnas Indonesia U-18 belum begitu mumpuni. 

Set Pieces

Meski masih ada kekurangan, namun Timnas Indonesia sudah mampu memanfaatkan situasi set piece yang didapatkan. Gol balasan Indonesia hadir dari tendangan bebas Rizky Ridho

Kemampuan memanfaatkan set piece menjadi gol ini patut dipertahankan terutama saat melawan tim-tim yang punya pertahanan bagus seperti Myanmar. 

Yang diperlukan adalah situasi set piece lain seperti sepak pojok juga harus bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-18 di babak semifinal Piala AFF U-18 2019. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%