Liga Indonesia

Komang Mariawan Pantau Potensi Penyerang Timnas Indonesia U-18

Sabtu, 17 Agustus 2019 10:12 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Sutan Zico setelah berhasil mencetak gol pertama Timnas Indonesia vs Persikabpas Pasuruan, Senin (22/7/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Sutan Zico setelah berhasil mencetak gol pertama Timnas Indonesia vs Persikabpas Pasuruan, Senin (22/7/19).

INDOSPORT.COM - Potensi yang dimiliki Sutan Diego Armando Ondriano Zico ternyata menyita perhatian penyerang legendaris asal Bali, Komang Mariawan. Sutan Zico dinilai punya potensi untuk menjadi andalan masa depan tim Garuda senior.

Sutan Zico merupakan penyerang bertinggi 169 sentimeter yang jadi satu dari tiga andalan lini depan Timnas Indonesia U-18. Kini, Sutan Zico turut serta dalam tim asuhan Fakhri Husaini dalam ajang Piala AFF U-18 2019 di Vietnam.

Sejauh ini, Sutan Zico sudah mencetak dua gol. Gol dicetaknya ke gawang Brunei dan Timor Leste. Sementara top skor Indonesia dijabat Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri.

Komang Mariawan mengaku sudah mengikuti sepak terjang Sutan Zico sejak berseragam Timnas U-16. Dia menilai Sutan Zico punya potensi untuk menjadi penyerang masa depan Indonesia.

"Saya lihat dia cukup punya potensi, kedepannya bisa bagus, diandalkan Timnas. Apalagi dari segi postur juga bagus," ucap Komang Mariawan kepada INDOSPORT.COM.

Baginya, tantangan penyerang lokal untuk berkembang dari usai muda ke senior cukup berat. Apalagi klub-klub Indonesia lebih sering mempercayakan posisi depan kepada penyerang asing.

"Itulah yang berat, klub-klub Liga 1 lebih mengandalkan penyerang asing, hanya Liga 2 saja yang bisa memberi kesempatan penyerang lokal berkembang, karena tidak ada regulasi pemain asing," tuturnya.

"Ini jadi tantangan. Pemain muda harus terus kerja keras dan disiplin agar kemamuannya terus meningkat," pungkasnya.

Sementara itu, Sutan Zico dan awak Timnas Indonesia U-18 lainnya bakal melanjutkan perjuangan di Piala AFF U-18 2019 saat bersua Malaysia di semifinal, Sabtu (17/8/19).