Liga Inggris

Keren, Klub Gurem Liga Primer Inggris Usung Misi Penyelamatan Lingkungan Lewat Jersey

Senin, 19 Agustus 2019 15:49 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© fourfourtwo
Klub sepak bola Inggris, Burnley, mengusung misi lingkungan melalui jerseynya. Copyright: © fourfourtwo
Klub sepak bola Inggris, Burnley, mengusung misi lingkungan melalui jerseynya.

INDOSPORT.COM - Banyak cara yang dilakukan berbagai klub dalam mempromosikan jersey anyarnya, termasuk mengkampanyekan isu lingkungan hidup, seperti yang dilakukan salah satu kontestan Liga Primer Inggris, Burnley, lewat jersey ketiganya.

Dilansir dari laman resmi klub, Burnley yang bekerja sama dengan salah satu sponsor mengusung proyek bernama 'Evergreen' untuk turut berpartisipasi dalam kampanye penghijauan dan mencegah kerusakan lingkungan hidup.

Ada pun dalam proyek ini, klub yang bermarkas di Turf Moor tersebut akan menanam satu pohon dari setiap satu jersey yang dibeli oleh pencinta sepak bola. Nantinya, pihak Burnley akan menanam pohon tersebut di sebuah wilayah bernama Pedle yang memiliki luas sekitar 22 are.

Proyek ini pun mendapat apresiasi dari banyak pihak. Pihak Burnley menyebut mereka bangga dapat masuk dalam proyek yang mengusung tema lingkungan hidup seperti ini.


"Kami senang menjadi bagian dari inisiatif unik ini. Krisis iklim adalah keadaan darurat yang mendunia, tetapi ini tentang berpikir membuat perubahan dari diri kami sendiri terlebih dahulu di daerah timur Lancashire," ujar Neil Hart yang merupakan petinggi klub.

Langkah Burnley dalam mengusung tema sosial bukanlah hal baru. Sebelumnya, ada AS Roma yang juga mengusung misi sosial tentang anak hilang dalam setiap video pengenalan pemain anyarnya yang mereka gagas pada bursa transfer musim panas 2019.

Setidaknya lewat proyek ini, Burnley mengingatkan bahwa sepak bola bukan cuma soal olahraga, namun juga mengandung misi-misi sosial yang dapat memberi perubahan kepada dunia pada umumnya.