Liga Spanyol

Strategi Jitu Ernesto Valverde di Musim Ketiganya Bersama Barcelona

Kamis, 29 Agustus 2019 19:31 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memiliki startegi jitu untuk membawa kejaan bagi Blaugrana Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memiliki startegi jitu untuk membawa kejaan bagi Blaugrana

INDOSPORT.COM - Berkaca dari penampilan masa lalu yang membuat Barcelona terpuruk, pelatih Blaugrana, Ernesto Valverde, akan menerapkan strategi anyar bagi klub asal Catalan tersebut demi meraih kejayaan di domestik maupun kancah Eropa.

Dilansir dari Diario AS, mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut akan bertindak lebih tegas kepada pemainnya termasuk dalam urusan memilih pemain. Dilaporkan bahwa Valverde siap mengesampingkan beberapa pilar Barcelona jika tampil buruk dalam beberapa laga.

Hal tersebut Ernesto Valverde tunjukkan dalam dua laga awal LaLiga Spanyol 2019/20, di mana ia mencadangkan beberapa pilar seperti Ivan Rakitic, Arturo Vidal, dan Samuel Umtiti dari starting line up Barcelona. Padahal ketiga nama tersebut merupakan kunci kesuksesan pria berusia 55 tahun tersebut musim lalu.

Penampilan ketiganya selama pra musim dirasa tak memenuhi ekspektasi Valverde yang mengharapkan performa terbaik dari setiap pemainnya. Sehingga ketiga nama pemain senior Barcelona itu pun dipinggirkan dari skuat utama oleh pelatih asal Spanyol tersebut.

Valverde juga mengungkapkan bahwa ia tidak akan memilih-milih pemain berdasarkan usia. Hal tersebut ia buktikan kala memasukkan Ansu Fati yang masih berusia 16 tahun kala menjamu Real Betis. Selain itu, ia juga akan mengarahkan anak asuhnya agar bermain dengan tempo cepat serta berkonsentrasi dalam pertahanan.

Langkah tersebut Ernesto Valverde ambil sebagai strategi untuk membawa Barcelona meraih kejayaan, terutama pada musim ketiganya sebagai pelatih klub asal Catalan tersebut sejak ditunjuk pada 2017 lalu.