Bursa Transfer

Galatasaray Jadi Klub Paling Ngirit di Bursa Transfer 2019/20

Rabu, 4 September 2019 16:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Brunskill/GettyImages
Radamel Falcao, striker sekaligus kapten Timnas Kolombia yang kini memperkuat klub Turki, Galatasaray Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Radamel Falcao, striker sekaligus kapten Timnas Kolombia yang kini memperkuat klub Turki, Galatasaray

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola asal Turki, Galatasaray, membuktikan bahwa bursa transfer tidak harus jadi ajang menghambur-hamburkan uang. Pada musim panas ini, mereka berhasil mendatangkan 12 pemain dengan biaya sangat minim.

Dilansir dari Sun Sport, Galatasaray hanya menghabiskan anggaran 4,5 juta pounds atau setara Rp77 miliar untuk membeli 12 pemain, termasuk Radamel Falcao dan Steven Nzonzi.

Kampiun Liga Turki hanya membayar biaya transfer satu pemain dari 12 pemain baru mereka, sementara sisanya didatangkan melalui kesepakatan pinjaman dan secara gratis.

Christian Luyindama tiba di Galatasaray dari Standard Liege dengan biaya 4,5 juta pounds (Rp77 miliar) setelah menghabiskan separuh musim lalu sebagai pinjaman di Telekom Stadium.

Sementara itu, Galatasaray berhasil mendatangkan dua pemain papan atas dari Eropa, yakni Radamel Falcao dan Steven Nzonzi secara gratis, alis tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Falcao sempat menjadi pemain pinjaman Manchester United dan Chelsea pada periode 2014 dan 2016 sebelum akhirnya dilepaskan oleh klub asalnya, AS Monaco, menyusul kontraknya yang telah habis.

Mantan bintang Atletico Madrid, yakni Florin Andone, didatangkan ke Galatasaray dari Brighton dengan kesepakatan transfer sebesar 700 ribu pounds atau Rp12 miliar.

Mario Lemina, jadi pemain baru Galatasaray selanjutnya, usai meninggalkan kubu Liga Inggris Southampton dengan status pinjaman.

Tak puas dengan sejumlah pemain tersebut, Galatasaray juga berhasil meminjam dua pemain tim degradasi Liga Inggris Fulham, Ryan Babel dan Jean Michael Seri.

Klub Italia AS Roma meminjamkan bintangnya Steven Nzonzi, sementara klub LaLiga Spanyol Celta Vigo meminjamkan Emre Mor sampai akhir musim.

Selanjutnya, Adem Buyuk dan Sener Ozbayrakli didatangkan secara gratis dan terakhir Valentine Ozornwafor yang dipinjam dari Almeria.

Jika Galatasaray menjadi tim terhemat di bursa transfer, Real Madrid sebaliknya menjadi tim terboros di bursa transfer kali ini dengan pengeluaran mencapai 307,5 juta euro (sekitar 4,8 juta euro).

Sebut saja Eden Hazard yang menjadi pemain termahal Real Madrid pada bursa transfer kali ini. Sayang sejumlah pemain baru yang didatangkan itu masih belum ada yang benar-benar menampilkan performa terbaiknya.