Liga Indonesia

Ritual Khusus Timnas Malaysia Sebelum Lawan Indonesia

Kamis, 5 September 2019 07:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19).

INDOSPORT.COM Timnas Malaysia diketahui melakukan ritual khusus sebelum melawan Indonesia di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2020, Kamis (05/09/19) nanti.

Skuat Harimau Malaya melakukan pengajian, di antaranya membaca surat yasin, salat jamaah, dan diakhiri dengan doa bersama di kediaman Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd dua hari lalu.

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe menjelaskan hal itu dilakukan agar skuatnya dinaungi keberuntungan kala jumpa Indonesia. Ia percaya, campur tangan Tuhan sangat besar pengaruhnya dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

"Ya lebih kurang macam tradisi. Kami sallat bersama dengan tim karena kami memang inginkan dapat sesuatu yang positif. Jadi, terima kasih kepada semua yang memberikan doa terbaik dan kalian tahu kita perlu percaya bahwa ada kekuatan dalam doa," katanya.

Senada dengan pelatihnya, kiper Malaysia, Farizal Marlias menyatakan usaha tanpa doa adalah hal yang bisa saja sia-sia.

"Kami pun percaya bahwa dalam sepak bola usaha tetap diperlukan baik di dalam lapangan atau di luar. Tapi yang utama kita punya Allah SWT, kita sudah usaha udah maksimal tapi kalau tidak dekatkan diri pada Tuhan itu bisa saja sia-sia," ucapnya.

"Kita harus percaya kuasa terakhir adalah dengan dekatkan diri pada Allah SWT melakukan usaha dan tawakal," imbuhnya.

Laga Timnas Indonesia vs Malaysia ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada pukul 19.30 WIB malam nanti.