Liga Spanyol

Diduga Lakukan Korupsi, Agen Bintang Real Madrid Terancam Dipenjara

Jumat, 13 September 2019 10:32 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© GettyImages
Agen sepak bola Thibaut Courtois terancam dipenjara usai diduga terjerat kasus korupsi dan pencucian uang. Copyright: © GettyImages
Agen sepak bola Thibaut Courtois terancam dipenjara usai diduga terjerat kasus korupsi dan pencucian uang.

INDOSPORT.COM - Agen sepak bola Thibaut Courtois, Christophe Henrotay, terancam dipenjara usai diduga melakukan tindakan korupsi dan pencucian uang.

Henrotay sendiri cukup dikenal publik karena menaungi berbagai bintang sepak bola asal Belgia, sebut saja Courtois (Real Madrid), Kevin Mirallas (Antwerp), dan Youri Tielemans (Leicester City). 

Tersandung kasus hukum, Christophe Henrotay pun harus rela dan kooperatif segala bentuk propertinya digeledah oleh pihak yang berwajib. Ia pun juga ditahan untuk prosedur investigasi lanjutan, bukan tidak mungkin ia akan dipenjara jika terbukti bersalah.

"Operasi penggeledahan terjadi karena kasus pencucian uang dan korupsi pribadi dengan konteks transfer pemain sepak bola," berdasarkan pernyataan resmi dari jaksa federal dilansir laman berita Football Espana.

Dilansir laman berita Inside The Games, pihak yang berwajib menyita dua apartemen, satu kapal mewah, tiga mobil mahal dan sejumlah uang senilai 7 juta euro (Rp107 miliar) karena dianggap merupakan hasil pencucian uang Henrotay.

Jaksa penuntut menjelaskan, penyelidikan bermula dari transfer pemain bernama Aleksandar Mitrovic dari Anderlecht ke Newcastle United pada tahun 2015 lalu seharga 14,5 juta euro (Rp223 miliar).

Jika Thibaut Courtois harus dipusingkan dengan agennya yang bermasalah, hal kurang lebih serupa dialami rekan setimnya di Real Madrid, Marcelo. Bek Los Blancos tersebut sempat berurusan dengan polisi usai melakukan penipuan pajak.

Pemain Timnas Brasil itu kabarnya terbukti menipu otoritas Spanyol dengan penggelapan pajak senilai 490 ribu euro (Rp7,5 miliar). Meski demikian, ia hanya menjalani masa percobaan sehingga tidak menghabiskan waktu di penjara.