In-depth

Terancam Dipecat, Simon McMenemy Jadi Pelatih Asing Timnas Indonesia Paling Apes?

Minggu, 15 September 2019 16:56 WIB
Editor: Coro Mountana
© Goal.com
Luis Manuel Blanco. Copyright: © Goal.com
Luis Manuel Blanco.
2 Pelatih asing Timnas Indonesia yang Lebih Apes dari Simon McMenemy

Dalam sejarahnya, sudah ada puluhan pelatih baik itu asing maupun lokal yang pernah diberi kesempatan untuk menangani Timnas Indonesia. Dari sekian namanya, ternyata bukan Simon McMenemy yang jadi pelatih asing Timnas Indonesia paling apes.

Luis Manuel Blanco

© Republika
Luis Manuel Blanco. Copyright: RepublikaLuis Manuel Blanco.

Sosok Luis Manuel Blanco tampaknya layak didapuk sebagai pelatih asing Timnas Indonesia paling apes melebihi yang lain termasuk Simon McMenemy. Luis Manuel Blanco tercatat merupakan pelatih Timnas Indonesia dengan masa bakti tersingkat.

Luis Manuel Blanco ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 7 Februari 2013 lalu, namun hanya berselang 36 hari kemudian, dirinya digeser. Dengan waktu kurang dari sebulan, Luis Manuel Blanco bahkan belum pernah memimpin Timnas Indonesia dalam suatu laga.

Padahal pada saat itu, Luis Manuel Blanco ditargetkan untuk membawa Timnas Indonesia lolos kualifikasi Piala Asia 2015 dan menjuarai Piala AFF 2014. Tentu itu menjadi pengalaman yang buruk bagi Luis Manuel Blanco.

Pieter Huistra

© Sidomi
Pieter Huistra. Copyright: SidomiPieter Huistra.

Ternyata Luis Manuel Blanco tak sendiri karena masih ada Pieter Huistra yang juga jadi sosok pelatih asing Timnas Indonesia paling apes. Pieter Huistra ditunjuk menjadi pelatih interim Timnas Indonesia pada 2015 dengan target di kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

Awalnya Pieter Huistra sempat menjadi Direktur Teknik Timnas Indonesia pada akhir 2014. Tapi perjalanan kariernya menanjak setelah naik tingkat dan membuatnya menjadi pelatih Timnas Indonesia 2015.

Sayang sanksi FIFA untuk PSSI selaku induk sepak bola Indonesia menghalangi rencana besar Pieter Huistra untuk Timnas. Pieter Huistra pun termasuk pelatih asing yang belum sempat memimpin Timnas Indonesia dalam suatu laga.

Pada akhirnya andai diberhentikan pun, Simon McMenemy bukanlah pelatih asing Timnas Indonesia yang paling apes karena setidaknya pernah memimpin tim dalam suatu laga dengan masa bakti cukup panjang yaitu mencapai sekitar 9 bulan.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%