Bola Internasional

Rapor Simon McMenemy Disorot AFF, Gusti Randa: Kami Akan Lakukan Tindakan

Senin, 16 September 2019 13:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Gusti Randa, dalam acara Exco PSSI./Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Gusti Randa, dalam acara Exco PSSI./Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Hasil tak memuaskan didapat Timnas Indonesia senior dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadap Malaysia dan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (05/09/19) dan Selasa (10/09/19) lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy pun mendapat kecaman lantaran gagal memetik kemenangan dalam dua laga yang berakhir dengan skor 2-3 dan 0-3 tersebut. Tagar #SimonOut menjadi trending di media sosial dan terdapat petisi yang menyuarakan hal serupa.

Polemik Simon McMenemy dan sepak bola Indonesia rupanya juga menjadi sorotan federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF), yang mempertanyakan keputusan PSSI terhadap masa depan sang pelatih.

“Tanda tanya besar terkait tentang masa depan Simon McMenemy sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, setelah dua hasil yang tidak memuaskan dalam babak kualifikasi kedua FIFA World Cup 2022,” tertuang dalam pernyataan AFF.

“Indonesia menderita kekalahan beruntun dalam dua pertandingan pembuka kualifikasi babak kedua, ketika mereka kalah 3-2 dari Malaysia dan kemudian kalah 3-0 dari Thailand. Kedua pertandingan tersebut dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno di Senayan.”

Hal tersebut akhirnya membuat Ketua Eksekutif PSSI, Gusti Randa turut buka suara.

“Kami akan menunggu laporan dari Simon sebagai pelatih kepala, dan kami juga akan menunggu laporan dari Danurwindo (Direktur Teknis PSSI),” ucap Gusti Randa, masih dilansir dari laman AFF.

“Kami akan mengadakan pertemuan Exco, segera dan kami akan memutuskan tindakan selanjutnya, apakah Simon akan tinggal atau tidak tergantung pada hasil pertemuan,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, pertandingan ketiga kualifikasi Indonesia merupakan laga tandang kontra Uni Emirat Arab yang akan dilangsungkan pada 11 Oktober 2019 mendatang.

Tak banyak waktu yang dimiliki Timnas Indonesia untuk mempersiapkan tim di tengah-tengah kompetisi Liga 1 2019, dan jika pergantian pelatih benar-benar dilakukan.