Bola Internasional

FIFA Jamin Wanita Boleh Tonton Duel Iran vs Kamboja di Kualifikasi Piala Dunia

Senin, 23 September 2019 15:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Bleacher Report
Penonton wanita asal Iran yang berhasil masuk ke dalam stadion Copyright: © Bleacher Report
Penonton wanita asal Iran yang berhasil masuk ke dalam stadion

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) menjamin para pendukung wanita bisa masuk ke stadion untuk menyaksikan laga antara Iran vs Kamboja di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga antara Iran vs Kamboja yang digelar 10 Oktober mendatang akan menjadi momen bersejarah bagi pencinta sepak bola di Iran, khususnya kaum wanita.

Pasalnya, mereka untuk kali pertama bakal diperbolehkan masuk ke dalam stadion dan menyaksikan pertandingan internasional di negaranya sendiri.

Dilansir dari BBC Sports, hal ini dicapai setelah para pejabat FIFA berdiskusi selama satu pekan di Iran guna membahas persiapan laga bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut.

“Kami butuh kehadiran (penonton) wanita. Kami telah menjamin bahwa pertandingan Iran berikutnya, wanita diizinkan memasuki stadion. Sungguh sesuatu yang sangat penting karena dalam 40 tahun terakhir belum terjadi, dengan beberapa pengecualian,” kata presiden FIFA, Gianni Infantino.

Perlu diketahui, wanita di Iran dilarang masuk stadion sejak terjadinya Revolusi Islam pada 1979 silam. Namun, seiring berjalan waktu, aturan ini menjadi kontroversi dan sorotan dunia.

Puncaknya, insiden tewasnya seorang wanita, Sahar Khodayari, yang membakar diri di depan pengadilan usai dijatuhi hukuman karena nekad masuk ke stadion dengan mengenakan rambut palsu dan baju pria.

Berkaca pada larangan tersebut, sejauh ini hanya wanita asing yang diberi akses terbatas ke stadion untuk menonton pertandingan.

Larangan itu sendiri sudah dicabut tahun lalu, sehingga wanita boleh menonton siaran Piala Dunia yang tayangkan di salah satu stadion di Teheran.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%