Liga Inggris

4 Rekrutan Termahal dari Bursa Transfer Musim Panas di Liga Inggris

Kamis, 3 Oktober 2019 22:34 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris, Liga Inggris telah dimulai sejak 10 Agustus 2019 lalu. Itu artinya, mereka mengawali liga dan menutup aktivitas transfer musim panas ini lebih cepat, dibanding beberapa liga top di Eropa lainnya.

Dari total 20 klub yang berlaga di Liga Inggris musim 2019/20 dan bergerak aktif di bursa transfer, Aston Villa menjadi tim yang paling sibuk karena membeli 12 pemain sekaligus.

Sementara tim-tim besar, tidak banyak yang melakukan pergerakan. Liverpool misalnya, hanya mendatangkan dua pemain yaitu Sepp van den Berg dari PEC Zwolle dan Adrian tanpa klub.

Kendati lesu, bukan berarti tidak ada rekor yang diciptakan melalui pembelian mahal. Tercatat, ada beberapa tim yang tetap melakukan belajan besar-besar dan memecahkan rekor. Siapa saja? Berikut 5 transfer termahal di Liga Inggris musim panas 2019 yang dirangkum dari Bleacher Report:

1. Harry Maguire (Manchester United)

Manchester United resmi mendapatkan bek tangguh milik Leicester City, Harry Maguire pada Senin (05/08/19) lalu. Pemain berusia 26 tahun itu diboyong oleh Setan Merah ke Old Trafford dengan mahar sebesar 80 juta poundsterling atau sekitar Rp1,3 triliun.

Angkat tersebut membuat Maguire menjadi bek termahal di dunia, sekaligus transfer termahal di Liga Inggris musim panas 2019 ini. Dirinya mengalahkan rekor Virgil van Dijk, yang diboyong Liverpool dari Southampton dengan biaya 75 juta poundsterling pada 2018 lalu.

2. Nicolas Pepe (Arsenal)

Arsenal berhasil mendapatkan bintang muda milik Lille, Nicolas Pepe di bursa transfer musim panas ini.

Penyerang berusia 24 tahun itu didatangkan Arsenal dengan memecahkan rekor transfer klub sebesar 72 juta poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun pada Kamis (01/08/19), dan menjadikannya pemain kedua termahal di Liga Inggris musim panas ini.

Nicolas Pepe resmi menandatangani kontrak selama lima tahun di Emirates Stadium setelah lolos pemeriksaan medis.

Selain itu, dirinya menjadi pemain termahal kelima dalam sejarah Liga Inggris setelah Paul Pogba (89 juta pounds), Harry Maguire (80 juta pounds), Romelu Lukaku (75 juta pounds) serta bek Liverpool, Virgil Van Dijk (75 juta pounds).

3.  Rodri Hernandez (Manchester City)

Manchester City berhasil menuntaskan transfer Rodri Hernandez dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Gelandang muda Spanyol itu bergabung City dengan durasi kontrak selama lima musim.

Rodri diangkut ke Manchester setelah City menebus klausul rilisnya sebesar 62,6 juta poundsterling (Rp1,11 triliun). Pesepakbola berusia 23 tahun itu diplot untuk menggantikan peran Fernandinho, yang kini telah berusia 34 tahun.

4. Joao Cancelo (Manchester City)

Jendela transfer musim panas ini rupanya dimanfaatkan Manchester City untuk memperbaiki kekurangan lini belakangnya, dengan belanja beberapa pemain bertahan salah satunya adalah Joao Cancelo.

Dalam rilis keterangannya di situs resmi mereka, City mengonfirmasi pemain asal Portugal itu akan dikontrak selama lima musim ke depan.

"Manchester City telah menyelesaikan penandatanganan Joao Cancelo dari Juventus," bunyi pernyataan City dikutip Mancity.com.

"Pemain bertahan asal Portugal telah sepakat menandatangabi kontrak yang akan membuatnya berada di Etihad Stadium hingga musim panas 2025," lanjut pernyataan City.

Menurut laporan Sky Sports, City menebus Cancelo dengan dana sebesar 26 juta poundsterling plus Danilo yang dihargai 34 juta pounds. Total City mengeluarkan dana sebesar 58 juta pounds.