Liga Inggris

4 Pelatih Tenar di Liga Inggris yang Mendekatkan Diri dengan Pintu Pemecatan

Minggu, 6 Oktober 2019 12:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yanto/Indosport.com
4 Pelatih di Liga Inggris yang Mendekatkan Diri dengan Pintu Pemecatan. Foto: Michael Regan/Getty Images Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
4 Pelatih di Liga Inggris yang Mendekatkan Diri dengan Pintu Pemecatan. Foto: Michael Regan/Getty Images

INDOSPORT.COM - Empat pelatih tenar di Liga Inggris musim ini terancam pemecatan, karena gagal membawa tim asuhannya meraih hasil memuaskan hingga pekan ke-8.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris, Liga Inggris musim 2019-2020 telah memasuki pekan ke-8. Liverpool dan Manchester City masih menjadi dua tim yang kembali difavortikan, dalam persaingan meraih gelar.

Sebab, hingga saat ini hanya kedua tim itu yang tampil konsisten. Liverpool bahkan lebih mengagumkan, karena belum sekalipun merasakan kekalahan atau juga imbang.

The Reds kini memimpin dengan torehan 24 poin. Unggul delapan angka dari pesaing terdekatnya, Manchester City di urutan ke-2 dengan koleksi 16 poin.

Peforma apik yang sedang dirasakan oleh Liverpool dan Manchester City gagal diikuti oleh sejumlah tim lainnya, salah satunya adalah Watford.

Tim berjuluk The Hornets itu hingga pekan ke-8, masih tenggelam di dasar klasemen karena baru mengumpulkan 3 poin, dari hasil 3 kali imbang dan 5 kali kalah.

Rentetan hasil buruk itu akhirnya melahirkan tumbal. Pelatih Javi Gracia dipecat pada 08 September 2019 lalu, sekaligus menjadi juru taktik pertama yang diberhentikan di Liga Inggris musim ini. Posisinya diganti oleh Quique Sanchez Flores. 

Empat pelatih Liga Inggris lain berpeluang mengikuti jejak Javi Gracia menuju pintu keluar, karena tim besutannya mengalami performa buruk. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Steve Bruce (Newcastle United)

Kursi kepelatihan Newcastle United yang ditempati oleh Steve Bruce tengah memanas, lantaran dirinya digentayangi hantu pemecatan. Hal itu tidak lepas dari kegagalan Bruce membawa Newcastle tampil trengginas musim ini.

 Dari tujuh laga yang sudah mereka lakoni, The Magpies baru merasakan 1 kali kemenangan, 2 imbang dan menelan 4 kekalahan. Alhasil, mereka saat ini menemani Watford di papan bawah menempati urutan ke-19 dengan koleksi 5 poin.

Hasil buruk yang diterima Newcastle berpeluang berlanjut setidaknya hingga tujuh dua pekan ke depan. Sebab, mereka akan melakoni pertandingan sulit, melawan tim papan atas Manchester United dan Chelsea.

Lawan Manchester United akan berlangsung pada hari ini, Minggu (06/10/19) pukul 22:30 WIB di Stadion St. James Park, dan melawan Chelsea pada Sabtu (19/10/19) di Stadion Stamford Bridge.

Jika dua laga itu tak satupun berhasil mencuri poin, bukan tidak mungkin di pekan-pekan ke-10 Steve Bruce sudah jadi pengangguran, karena dianggap gagal membawa Newcastle United keluar dari zona degradasi.

2. Marco Silva (Everton)

Selanjutnya ada Marcoa Silva, yang diambang pintu pemecatan. Pelatih asal Portugal itu gagal membawa Everton meraih hasil positif di empat laga terakhir di Liga Inggris. Teranyar, mereka kalah 1-0 dari Burnley pada Sabtu (05/10/19).

Total dalam 8 laga yang sudah dilalui, Everton baru merasakan 2 kemenangan, dan 1 imbang sedangkan 5 laga lainnya berakhir dengan kekalahan, dimana empat laga diantaranya kalah beruntun.

Hanya mampu mendulang 7 poin, membuat Everton terancam jatuh ke dalam kubangan degradasi. Saat ini, The Toffees berada diurutan ke-17 atau satu strip di atas zona merah.

3. Mauricio Pochetino (Tottenham Hotspur)

Tottenham Hotspur mengalami penurunan performa musim ini. Hingga pekan ke-8 Liga Inggris, mereka masih berkutat di papan tengah dengan menempati urutan ke-8, usai mengemas 11 poin.

Hasil negatif ini membuat pelatih Mauricio Pochettino tengah menjadi sorotan dan terancam pemecatan, karena baru memberikan 3 kemenangan dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi.

Teranyar, mereka kalah memalukan dari tim promosi Brighton & Hove Albion dengan skor 0-3, pada Sabtu (05/10/19) kemarin.

Ini adalah kekalahan terbesar kedua Spurs musim ini, setelah sebelumnya dibantai oleh Bayer Munchen dengan skor 2-7 di ajang Liga Champions, Rabu (02/10/19) lalu.

4. Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United)

Satu pelatih tenar lagi yang segera membuka pintu pemecatan adalah Ole Gunnar Solskjaer. Juru taktik Manchester United itu terus menuai hasil buruk di Liga Inggris, dan terpaut cukup jauh dari Liverpool di puncak klasemen.

Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani, Manchester United baru meraih 9 poin hasil dari 2 kali menang, 3 imbang dan 2 kali menelan kekalahan. Mereka kini terpaku di posisi ke-11.

Itu merupakan start terburuk The Red Devils sejak musim 1989-1990. Catatan ini bahkan lebih buruk dibandingkan era David Moyes dan Jose Mourinho.