Liga Spanyol

Valencia Manipulasi Media untuk Tutupi Aksi Protes Pendukungnya

Senin, 7 Oktober 2019 11:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© stadiumdb.com
Desain Nou Mestalla kandang Valencia. Copyright: © stadiumdb.com
Desain Nou Mestalla kandang Valencia.

INDOSPORT.COM – Valencia mencoba memanipulasi media setempat agar tidak menyiarkan aksi protes para pendukungnya terhadap dua petinggi klub terkait dengan status kepemilikan klub.

Dilansir dari Football Espana, pejabat senior Los Che mengajukan permintaan khusus kepada Mediapro, sebuah perusahaan media yang menyiarkan sepak bola Spanyol di negara tidak untuk tidak menyertakan liputan aksi protes.

Perwakian klub dan perusahaan media dikabarkan telah melakukan pertemuan dan disepakati bahwa semua video dan gambar yang memberitakan keresahan para penggemar tidak ada dalam siaran apapun.

Video dan gambar tersebut termasuk yang memuat chants penggemar terhadap pemilik Peter Lim dan presiden Anil Murthy, spanduk protes kepemilikan klub, dan aksi penggemar di luar stadion.

Manipulasi media ini diambil Valencia menyusul ancaman pembunuhan terhadap Peter Lim dan Anil Murthy melalui telepon genggam beberapa jam usai klub mengalahkan Deportivo Alaves  2-1 dalam laga  La Liga Spanyol, Minggu (06/10/19) dini hari WIB.

Pihak klub tidak mengungkapkan pelaku pesan ancaman tersebut Namun pesan ini disinyalir salah satu bagian dari aksi protes para pendukung yang terhadap praktik korupsi dan status kepemilikan klub.

Ratusan penggemar berkumpul di depan Stadion Mestalla selama laga Valencia vs Alaves, di mana mereka menyerukan “Kita, Hasrat, Anda, Komisi”. Lainnya “Ketika melayani Valencia, jangan melayani dirimu sendiri”

Perlu diketahui, tekanan di Valencia muncul setelah Murthy memecat Marcelino sebagai pelatih Valencia dan menunjuk Albert Celades sebagai pengganti pada September lalu.

Keputusan itu ditentang para pendukung karena Marcelino sudah membawa Valencia lolos ke kualifikasi Liga Champions dan memenangkan Copa del Rey musim lalu.