Liga Indonesia

Selain Spaso, 6 Pemain Indonesia Ini Pernah Diisukan Gabung Klub Thailand

Selasa, 8 Oktober 2019 16:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gol Ilija Spasojevic setelah mencetak gol ke gawang Kalteng Putra. Selebrasi yang mengisyaratkan gol ke-10 pada Shopee Liga 1 2019. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gol Ilija Spasojevic setelah mencetak gol ke gawang Kalteng Putra. Selebrasi yang mengisyaratkan gol ke-10 pada Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Ternyata selain striker naturalisasi Ilija Spasojevic, ada enam pemain Indonesia yang pernah diisukan gabung ke klub Thailand.

Pasalnya baru-baru ini Spaso tengah dirumorkan bakal merapat ke klub asal Thailand, yakni Buriram United. Klub tersebut saat ini bermain di Liga Primer Thailand.

Rumor Spasojevic berkarier ke kasta teratas Liga Thailand ini semakin berhembus kencang melalui laporan situs berita olahraga internasional Goal.

Situs tersebut menyebutkan jika Buriram United sudah menawarkan tawaran resmi kepada Bali United untuk meminjam jasa Spasojevic.

Striker berusia 32 tahun tersebut memang menampilkan permainan yang cukup apik bersama Bali United pada kompetisi Liga 1 2019 hingga pekan ke-22.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Istri penyerang Bali United Ilija Spasojevic, Lelhy Arief Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIstri penyerang Bali United Ilija Spasojevic, Lelhy Arief

Terhitung, Spaso berhasil membukukan 10 gol dari 20 pertandingan di Liga 1. Torehan tersebut bisa saja menjadi salah satu alasan Buriram United kepincut.

Menanggapi hal tersebut, Spaso menilai kalau Buriram United merupakan tim besar karena bermain di Liga Champions Asia. Spaso merasa bangga bukan main karena tertarik dengan jasanya.

"Tentu saja merasa bangga, tapi untuk saat ini saya 100 persen fokus membantu Bali United juara," ujar Spaso kepada wartawan di Bali, Senin (07/10/19).

Meski demikian ternyata, selain Spaso ada pemain asal Indonesia lainnya yang pernah dirumorkan bakal gabung ke klub Thailand. Namun hal tersebut hanyalah rumor belaka.

Simak deretan pemain Indonesia yang pernah dirumorkan bakal gabung ke klub Thailand. Siapa saja kira-kira?

1. Ezra Walian

© Twitter/@PSM_Makassar
Striker baru PSM Makassar Ezra Walian saat menjalani latihan. Copyright: Twitter/@PSM_MakassarStriker baru PSM Makassar Ezra Walian saat menjalani latihan.

Pada pertengahan 2019, Ezra Walian sempat dirumorkan tengah dibidik oleh empat klub kasta tertinggi Liga Thailand oleh media TH Sport. Bahkan hal tersebut dibenarkan oleh sang agen.

"Ezra sepertinya memang tertarik bermain di Asia karena itu membuatnya lebih dekat dengan Indonesia," ujar agen Ezra, Wide Putra Ananda kepada awak media, Juli 2019.

Bahkan sempat terbongkar kalau klub yang menginginkan Ezra Walian ialah Samut Prakan City. Namun Ezra lebih memilih gabung PSM Makassar belum lama ini.

2. Hansamu Yama Pranata

© Fitra Herdian
Hansamu Yama ketika berlatih dengan Persebaya di Stadion GBT. Copyright: Fitra HerdianHansamu Yama ketika berlatih dengan Persebaya di Stadion GBT.

Kemudian ada Hansamu Yama Pranata, tengah menjadi buah bibir usai diincar oleh salah satu klub Thailand, Trat FC, pada November 2018.

Dilansir dari situs THSport, pelatih kepala Trat FC, Phayong Khunnen, hadir di pertandingan Singapura vs Timnas Indonesia di National Stadium, Kallang.

Phayong Khunnen disebut sengaja hadir untuk melihat langsung aksi Hansamu Yama mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia. Namun kepindahan Hansamu tak terjadi.

3. Zulfiandi

© Twitter.com/psmmakassar
Rasyid Bakrie (kiri) mencoba merebut bola dari kaki Zulfiandi. Copyright: Twitter.com/psmmakassarRasyid Bakrie (kiri) mencoba merebut bola dari kaki Zulfiandi.

Gelandang Zulfiandi juga sempat dilaporkan akan gabung klub Thailand, yakni Chainat Hornbill FC. Zulfiandi didatangkan untuk mengisi slot pemain ASEAN.

Kabar yang termuat dalam laman THSport tersebut pun tak ditampik oleh manajer Zulfiandi, Mulyawan Munial yang merupakan pemilik Munial Sports Group (MSG), November 2018.

Muly mengatakan memang sudah ada tawaran dari tim Thailand, tetapi enggan membicarakan lebih lanjut soal klub mana yang dimaksud. Kini Zulfiandi malah gabung ke Madura United.

4. Evan Dimas Darmono

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Evan Dimas saat jalani latihan bersama Barito Putera Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTEvan Dimas saat jalani latihan bersama Barito Putera.

Lalu ada Evan Dimas yang juga sempat dirumorkan bakal gabung ke klub Thailand, yang diketahui ialah Chonburi FC, sebagaimana diwartakan SiamSport.

Media setempat itu menyebutkan kalau kepindahan Evan Dimas ke Chonburi FC hampir 100 persen pada Oktober 2018. Terlebih Evan Dimas diplot sebagai pemain ASEAN.

Akan tetapi rumor tersebut menguap begitu saja dan kini Evan Dimas bermain untuk Barito Putera di Liga 1 2019. Namun tak menutup kemungkinan di masa depan Evan Dimas menerima pinangan klub Thailand.

5. Bayu Pradana

© Ian Setiawan/Indosport.com
Bayu Pradana menunjukkan jiwa besarnya dalam menyikapi pemanggilan tim nasional. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comBayu Pradana menunjukkan jiwa besarnya dalam menyikapi pemanggilan tim nasional.

Kemudian ada Bayu Pradana yang juga sempat diisukan tengah didekati oleh klub Thailand Nakhon Ratchasima jelang musim 2019 lalu.

Kabar tersebut terlontar ketika media setempat Siam Sport melaporkan, Nakhon Ratchasima ingin memenuhi kuota pemain ASEAN dengan merekrut Bayu Pradana.

Akan tetapi Bayu Pradana memilih gabung ke Barito Putera pasca klub sebelumnya, yakni Mitra Kukar turun kasta ke Liga 2 2019.

6. Riko Simanjuntak

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Riko Simanjuntak merebut bola dari pemain Persib. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRiko Simanjuntak merebut bola dari pemain Persib.

Winger lincah Persija Riko Simanjuntak pernah diisukan akan gabung ke klub Thailand. Bahkan hal tersebut disampaikan oleh eks pelatih Persija Stefano Cugurra Teco.

"Mereka pasti lihat pemain dari Indonesia seperti Riko punya kualitas bagus dalam bermain di liga," kata Teco membenarkan ketertarikan klub Thailand.

Sementara itu Riko mengaku memang benar klub Thailand ada yang menginginkan jasanya. Bahkan Riko sudah pernah dihubungi oleh pihak klub Thailand.

"Tapi demi Persija, saya ingin bertahan. Karena di Persija sudah seperti keluarga," papar Riko, Desember 2018.

Kendati begitu selain nama-nama di atas kemungkinan ada pemain Indonesia lainnya yang juga pernah diisukan akan gabung ke klub Thailand.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%