Liga Indonesia

'Ritual' Khusus Pelatih PSIS Semarang U-20 Sebelum Bertanding, Apa Itu?

Rabu, 9 Oktober 2019 09:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang U-20, Muhammad Ridwan. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang U-20, Muhammad Ridwan. Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang U-20, Muhammad Ridwan, memiliki cara tersendiri dalam memotivasi para pemain menjelang laga semifinal Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2019 melawan Persebaya Surabaya U-20 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Rabu (9/10/19).

Ridwan menuturkan bahwa dalam memotivasi pemain harus menempuh kiat-kiat khusus supaya tujuan utama menyentuh sanubari mereka terpenuhi sehingga kemudian bisa diterapkan di atas lapangan.

"Ada beberapa kiat untuk memotivasi pemain saya. Yang pertama dengan melihat video-video aksi terbaik di sepak bola supaya mereka tergerak untuk meniru," ujar Muhammad Ridwan kepada awak media dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan, Selasa (8/10/19).

"Cara yang kedua juga melihat video, namun dari kompetitor kami. Saat ini berarti ya video-video aksi pemain Persebaya Surabaya secara umum. Bagaimana mereka bermain dari build-up hingga finishing," ujar mantan pemain Persib Bandung tersebut.

Menurut Ridwan, aksi-aksi pesepak bola di video yang ia tontonkan mampu mengangkat motivasi para pemain PSIS Semarang U-20. Apalagi, jika yang ditonton calon lawannya sehingga mereka semakin semangat untuk mengejar kemenangan.

Bahkan, M. Ridwan juga menyebut bahwa aksi-aksi calon lawannya, tak terkecuali Persebaya Surabaya, juga bisa menjadi suatu hal yang patut diidolakan.

"Jika mereka mengidolakan calon lawannya, misallan Persebaya yang bisa bermain bagus, pemain saya akan lebih termotivasi dalam mengalahkan idolanya di lapangan," pungkas Muhammad Ridwan.

Muhammad Ridwan selama ini memang dikenal suka menonton video cuplikan pertandingan supaya dapat lebih memahami karakter pemain PSIS Semarang U-20 dan siapa pun calon lawannya.