Liga Indonesia

Komite Pemilihan Umumkan Kandidat Pengurus PSSI Hari Ini

Kamis, 10 Oktober 2019 10:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© stmed.net/Wikipedia
Logo PSSI Copyright: © stmed.net/Wikipedia
Logo PSSI

INDOSPORT.COM - Salah satu anggota Komite Pemilihan (KP) PSSI, Budiman Dalimunthe, mengkonfirmasi akan mengumumkan kandidat calon ketum, waketum dan Exco PSSI yang lolos verifikasi pada esok hari. Saat ini pihak KP sedang menyelesaikan proses seleksi dan pengumuman akan dilakukan di kantor PSSI, di kawasan Senayan, Jakarta.

"Insya Allah besok ada presscon. Sekarang kami sedang koordinasi dengan bidang Media PSSI dan diumumkan besok (hari ini) di kantor PSSI," tutur Budiman Dalimunthe.

KP tak hanya memeriksa berkas-berkas milik bakal calon ketum, waketum dan Exco yang masuk, tetapi juga mengecek kebenaran informasi yang tertera dalam berkas. Banyaknya berkas membuat KP harus bekerja keras lantaran ada 11 bakal calon ketum, 20 bakal calon waketum dan 91 bakal calon Exco.

Deklarasi dukungan terhadap calon ketum, waketum, dan Exco adalah aspirasi dari 900 lebih anggota PSSI yang terlebih dahulu melewati tiga tahapan. Pertama mereka semua harus memenuhi persyaratan utama (mandatory), lalu masuk tahap kedua yaitu menyertakan Formulir A-1 lembar konfirmasi berikut dokumen lainnya, termasuk keterlibatan selama lima tahun, baik secara berturut-turut atau tidak di lingkungan PSSI (Anggota PSSI). 

Selanjutnya, Komite Pemilihan melakukan verifikasi terkait seluruh dokumen yang diterima dan meminta bakal calon untuk melengkapi bila ada kekurangan dengan batas akhir pengumpulan pada Selasa (08/10/19) kemarin.

Setelah diumumkan pada esok hari, para kandidat pengurus PSSI yang lolos verifikasi diberi kesempatan melakukan banding pada 10-16 Oktober 2019. Selanjutnya, calon tetap diberikan masa kampanye pada 24 hingga 31 Oktober 2019.

Sementara itu, Kongres PSSI dijadwalkan berlangsung pada 2 November 2019, dimana agendanya memilih satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota Exco PSSI untuk masa bakti 2019-2023.