Liga Indonesia

Simon McMenemy Bongkar Rahasia Kemajuan Pesat Timnas Vietnam

Senin, 14 Oktober 2019 20:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy dalam sesi uji lapangan Timnas Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy dalam sesi uji lapangan Timnas Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengungkap rahasia kemajuan pesat Timnas Vietnam. Kebijakan federasi turut memengaruhi prestasi yang didapat Timnas Vietnam.

Simon menilai kualitas kompetisi di Vietnam tak lebih baik dari kompetisi Indonesia. Namun, Vietnam selalu memiliki Timnas yang sangat kuat. Bahkan pada Piala Asia U-23 2018, Vietnam sukses menembus final. 

Simon menilai dari segi kualitas, Vietnam menunjukan peningkatan yang luar biasa. Pada AFF Suzuki Cup 2010 lalu, begitu mudah untuk menghentikan permainan Vietnam

Namun dalam tiga atau empat tahun terakhir, Vietnam menjadi tim yang kuat. Simon menyebut federasi sepak bola Vietnam lebih memprioritaskan Timnas.

"Tanpa mengurangi respek, saya katakan liga domestik Vietnam tidak begitu bagus, tapi Timnasnya sangat bagus. Dari sini kita tahu bahwa federasi lebih memprioritaskan Timnas agar lebih berprestasi. Ada solusi agar Timnas menjadi lebih baik," ucap Simon dalam jumpa pers di Maya Sanur Resort, Senin (14/10/19) sore.

Situasi sulit harus dihadapinya di Indonesia. Para pemain datang dari liga dengan konfisi fisik tak terlalu bagus. Penjadwalan kompetisi yang begitu ketat menjadi penyebab para pemain datang dalam kondisi fisik tak sampai 100 persen.

"Kita tahu Piala Dunia adalah kompetisi terbesar di dunia. Kita tidak bisa datang dengan kondisi fisik 60-70 persen, harus datang dengan 100 persen. Saya rasa kita harus duduk bersama untuk evaluasi, agar situasi ini tidak terjadi lagi," tutur Simon.

"Kalau problemnya masih sama, mungkin besok atau nanti Vietnam akan tunjukan bagaimana menjawab solusi dari permasalahan ini," tandas Simon McMenemy.