Liga Indonesia

Ingin Kembali Latih Timnas, Uang Bukan Prioritas Pertama Luis Milla

Kamis, 17 Oktober 2019 16:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© www.mbtech.info
Pelatih sepak bola asal Spanyol, Luis Milla, memberi sinyal bahwa dirinya sangat terbuka dengan tawaran melatih Timnas Indonesia. Copyright: © www.mbtech.info
Pelatih sepak bola asal Spanyol, Luis Milla, memberi sinyal bahwa dirinya sangat terbuka dengan tawaran melatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pelatih sepak bola asal Spanyol, Luis Milla, memberi sinyal bahwa dirinya sangat terbuka dengan tawaran melatih timnas Indonesia.

Dalam perbincangannya dengan Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, yang dibagikan ke kalangan media termasuk INDOSPORT, duta besar Indonesia di Madrid, Hermono, pernah bertemu dengan Luis Millla di wisma kedutaan besar RI di ibu kota Spanyol.

Luis Milla mengatakan kepada Dubes RI bahwa ada keinginan untuk kembali bekerja di Indonesia sebagai pelatih timnas. Selain itu, sang juru taktik juga mengakui tidak lagi mempersoalkan soal materi.

“Saya sudah pernah ketemu Luis (Milla) di Wisma. Dia sebetulnya senang di Indonesia dan kesan saya uang bukan first priority (prioritas utama Milla),” kata Hermono.

Sebagaimana diketahui, Luis Milla pernah menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia pada 2017 hingga 2018. Dia ditunjuk oleh PSSI sebagai suksesor Alfred Riedl.

Namun, kontrak mantan bintang Barcelona dan Real Madrid ini diputus pada September 2018 meski masih menyisakan satu tahun. Ia dicopot setelah membawa Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Asian Games 2018.

Terlepas dari hal tersebut, pencopotan Luis Milla juga terkait dengan masalah tunggakan gaji. Saat itu Komite Eksekutif PSSI menuggak gaji selama tiga bulan dengan nilai Rp6,9 triliun.

Merasa frustrasi dengan situasinya, Luis Milla pun memilih kembali ke Spanyol dan membuat PSSI kalang kabut. Tak beberapa lama, PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia sebelum akhirnya meneken kontrak dengan Simon McMenemeny.