In-depth

Mengenal Pierre Mankowski, Eks Pelatih Pogba yang Bisa Jadi Saingan Berat Luis Milla

Jumat, 18 Oktober 2019 15:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© https://sportsliberia.com
Lebih Mentereng dari Luis Milla, Eks Pelatih Pogba di Prancis U-20 Cocok Tukangi Timnas Indonesia? Copyright: © https://sportsliberia.com
Lebih Mentereng dari Luis Milla, Eks Pelatih Pogba di Prancis U-20 Cocok Tukangi Timnas Indonesia?

INDOSPORT.COM - Nama eks pelatih Timnas Prancis U-20, Pierre Mankowski, bisa dipertimbangkan untuk jadi pesaing Luis Milla menggantikan posisi Simon McMenemy di Timnas Indonesia.

Kabar kembalinya Luis Milla melatih Timnas Indonesia semakin liar bergulir. Kabar ini dihembuskan oleh eks Sekjen PSSI, Ade Wellington. Ia menyebut kemungkinan itu ada dalam perbincangannya dengan Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto.

Seakan gayung bersambut, kabar lain pun menyebutkan pelatih asal Spanyol itu mempertimbangkan untuk kembali melatih Timnas Garuda. Luis Milla disebut siap bernegosiasi lagi soal gaji apabila diminta kembali melatih timnas Indonesia.

Namun begitu, Timnas Indonesia sepertinya tak boleh terpaku begitu saja dengan nama Luis Milla, sebagai kandidat pengganti Simon McMenemy di kursi kepelatihan.

Kalau mau diterka lebih jauh, ada seorang pelatih yang punya prestasi lebih mentereng ketimbang Luis Milla dan mungkin cocok pula untuk tukangi Timnas Indonesia.

Sosok pelatih yang dimaksud adalah Pierre Mankowski. Terdengar kurang familiar mungkin, tapi Pierre Mankowski sebenarnya punya pengalaman lumayan di kancah kepelatihan internasional.

Mankowski merupakan mantan pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan. 

Sama seperti Luis Milla, sosok Pierre Mankowski pernah pula meraih prestasi gemilang pada level tim nasional junior. Jika Luis Milla berhasil mengantarkan Spanyol U-21 menjuarai Euro U-21 2011, Pierre Mankowski lebih hebat lagi, yakni membawa Prancis U-20 merajai Piala Dunia U-20 2013.

Prancis U-20 lolos sebagai runner-up grup untuk kemudian menghempaskan Turki 4-1 di 16 besar. Di babak perempatfinal, skuat asuhan Mankowski membantai Uzbekistan 4-0. 

Keperkasaan Prancis berlanjut saat mengalahkan Ghana 2-1 di semifinal dan mengalahkan Uruguay di babak final. 

Sama dengan Milla, saat itu pun Mankowski memiliki deretan anak asuh yang kini menjadi bintang dunia. Pierre Mankowski mengandalkan nama sekelas Paul Pogba sebagai kapten tim Prancis di sepanjang Piala Dunia U-20 2013.

Lihatlah yang terjadi kini, selepas lulus dari besutan Pierre Mankowski, Pogba menjelma menjadi gelandang tengah top dunia.

Pogba bermain untuk tim raksasa Inggris, Manchester United, dan berperan besar dalam gelar juara Piala Dunia 2018 yang diraih Prancis.

Pierre Mankowski sendiri kini sedang tak memiliki klub untuk dilatih. Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Pierre Mankowski terakhir kali menjabat sebagai pelatih pada 2016 lalu di tim Prancis U-21.

Namun, rumor pertengahan tahun lalu melaporkan Mankowski tengah santer dikaitkan dengan kursi kepelatihan tim nasional Liberia. Namun deal akhirnya batal. 

Jika Timnas Indonesia membutuhkan opsi lain di luar nama Luis Milla, sosok Pierre Mankowski jelas cukup menarik. Reputasi Pierre Mankowski yang pernah menjuarai Piala Dunia dan menangani Pogba, mungkin akan membawa dampak baik bagi perkembangan Timnas Indonesia.

Entah Pierre Manowksi atau Luis Milla, PSSI sebagai induk tertinggi sepak bola Indonesia diharapkan bisa mengambil kebijakan tepat atas kiprah Skuat Garuda racikan Simon McMenemy yang selalu menelan kekalahan dalam empat laga beruntun Kualifikasi Piala Dunia 2022.