Liga Indonesia

Sukses di Eropa, 4 Pelatih Berdarah Indonesia yang Bisa Latih Timnas

Senin, 21 Oktober 2019 17:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Ilustrasi/INDOSPORT
Sukses di Eropa, 4 Pelatih Berdarah Indonesia yang Bisa Latih Timnas. Copyright: © Ilustrasi/INDOSPORT
Sukses di Eropa, 4 Pelatih Berdarah Indonesia yang Bisa Latih Timnas.

INDOSPORT.COM – Beberapa pelatih berdarah Indonesia yang sukses di Eropa bisa menggantikan peran Simon McMenemy di Timnas usai gagal total dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut membuat Timnas Indonesia tersungkur di klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 tanpa meraih satu poin pun.

Situasi ini pun membuat nasib Simon semakin terancam di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Bahkan sudah ada dua kandidat terkuat yang disinyalir bakal gantikan Simon, yakni Luis Milla dan Seto Nurdiantoro.

Selain dua nama tersebut, PSSI juga bisa memanfaatkan pelatih berdarah Indonesia yang sukses di Eropa. Salah satunya adalah mantan pemain Barcelona, Giovanni van Bronckhorst.

Termasuk Van Bronckhorst, berikut INDOSPORT merangkum 4 pelatih sukses di Eropa berdarah Indonesia yang bisa latih Timnas setelah Kualifikasi Piala Dunia 2022 berakhir.

Giovanni van Bronckhorst

© ronaldo.com
Giovanni van Bronckhorst Copyright: ronaldo.comGiovanni van Bronckhorst, pelatih berdarah Indonesia yang bisa gantikan Simon McMenemy di Timnas.

Van Bronckhorst dipercaya mengisi posisi pelatih kepala pada 2015 lalu bersama klub legendaris Belanda, Feyenoord. Ia pun berhasil membawa Feyenoord meraih gelar Liga Belanda 2016/17. 

Terhitung, ia mampu mengumpulkan lima gelar juara, termasuk trofi Liga Belanda. Empat trofi lainnya adalah dua Piala KNVB (2015/16 dan 2017/18) serta dua Johan Cruyff Shield (2017 dan 2018).

Menurut laporan Transfermarkt, Van Bronckhorst sudah tak lagi menjalin kontrak dengan klub manapun. Ia tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Feyenoord sejak 2019 lalu.

Ricardo Moniz

© Daily Mail
Ricardo Moniz. Copyright: Daily MailRicardo Moniz, pelatih berdarah Indonesia yang bisa gantikan Simon McMenemy di Timnas.

Ricardo Moniz dikenal sebagai pelatih yang mampu mengangkat mental pemain-pemain muda. Robin van Persie, Edgar Davids dan Nigel de Jong merupakan contoh pemain hasil didikan Moniz. 

"Ketika prestasi sedang kendor, saya diam-diam berlatih dengan Ricardo," ungkap Robin van Persie mengenai masa sulit di Feyenoord, dikutip dari Sepakbolanda.com.

Ricardo Moniz memiliki darah Indonesia berasal dari ibunya yang lahir di Jakarta. Sementara ayah Moniz berasal dari Suriname.

Dirinya mampu mengoleksi tiga trofi prestisius di level Eropa, yakni gelar Liga Utama Austria (2011/12), Piala Liga Austria (2011/12), dan Piala Liga Hungaria (2012/13).

Menurut laporan Transfermarkt, Moniz masih berstatus pelatih klub kasta bawah Liga Belanda, Excelsior. Kontraknya baru akan berakhir pada Juni 2020 mendatang.