Bola Internasional

Lupakan Indonesia, Media China Sebut Negaranya Tertinggal dari 2 Wakil ASEAN Ini

Selasa, 22 Oktober 2019 19:53 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam.

INDOSPORT.COM – China merasa tidak lebih baik dari Thailand dan Vietnam dalam hal sepak bola. Hal tersebut dinyatakan salah satu surat kabar di Negeri Tirai Bambu, Suho, usai timnas mereka bermain imbang melawan Filipina 0-0 di grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Hasil imbang 0-0 melawan Filipina memperlihatkan kemunduran sepak bola China di level kontinental. Jika berhadapan dengan Vietnam atau Thailand, yang memuncaki klasemen grup G, kami sangat mungkin menelan kekalahan,” tulis surat kabar Suho.

Namun, surat kabar yang sama tidak menyebutkan kekuatan Indonesia sedikit pun. Hal ini terbilang wajar karena tim asuhan Simon McMenemy berada di dasar klasemen grup G. Empat laga awal Indonesia harus berakhir dengan kekalahan.

Suho menambahkan China bisa saja berada di tempat ketiga jika pindah ke kompetisi sepak bola ASEAN. Mereka bahkan secara terang-terangan menyebut bahwa level China saat ini hanya berimbang dengan Malaysia.

Hasil imbang melawan Filipina sendiri memang mengecewakan suporter China. Dari delapan pertemuan sebelumnya, China selalu menang atas The Azkals. Bahkan, jika digabungkan, China telah mencetak 50 gol dan hanya kebobolan satu gol atas Filipina.

Dalam laga terakhir, China sendiri juga menghujani Filipina dengan serangan. Namun, kiper Filipina, Neil Etheridge, tampil sebagai pahlawan The Azkals. Pemain Cardiff City itu berhasil membuat 14 penyelamatan.

Satu poin itu membuat China turun ke peringkat kedua grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam laga selanjutnya, tim asuhan Marcelo Lippi akan menghadapi pemuncak klasemen, Syria, yang selalu menang dalam tiga laga awal.