Liga Champions

Pesta Gol di Liga Champions Jadi Pembuktian Peran Penting Naby Keita di Liverpool

Kamis, 24 Oktober 2019 11:10 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Naby Keita semakin membuktikan peran penting dirinya dalam permainan Liverpool ketika membawa klubnya pesta gol di laga Liga Champions kontra Genk. Copyright: © Getty Images
Naby Keita semakin membuktikan peran penting dirinya dalam permainan Liverpool ketika membawa klubnya pesta gol di laga Liga Champions kontra Genk.

INDOSPORT.COM - Naby Keita semakin membuktikan peran penting dirinya dalam permainan Liverpool, ketika membawa klubnya pesta gol di laga Liga Champions kontra Genk, Kamis (24/10/19).

Setelah absen selama 43 hari karena cedera pada pertengahan Agustus lalu, Naby Keita langsung sukses membuktikan bahwa dirinya masih sangat dibutuhkan dalam permainan Liverpool. Setidaknya itu jelas terlihat dalam dua pertandingan terakhir yang dimainkan gelandang asal Guinea itu saat berseragam Liverpool.

Pertama ketika dirinya masuk sebagai pemain pengganti di laga Manchester United vs Liverpool, Minggu (20/10/19). Saat itu, masuk di menit ke-82 Naby Keita sudah langsung sukses mengubah permainan Liverpool.

Dirinya mampu berperan sebagai konduktor permaian, mengkontrol bola di lapangan tengah. Peran yang tak bisa dijalankan pemain Liverpool, sebelum dirinya masuk.

Lewat kakinya, bola-bola yang didapat Liverpool semakin terarah dengan baik ke depan. Terbukti, hanya bermain sekitar 8 menit di waktu normal, Kieta sudah mampu mencatatkan 27 kali sentuhan. Hampir setengah dari jumlah sentuhan Georginio Wijnaldum (56 sentuhan) yang bermain 82 menit, sebelum digantikannya.

Bahkan, gol penyama kedudukan Liverpool yang dicetak Adam Lallana pada menit 85 juga tak lepas dari peran Kieta sebagai konduktor permainan. Sebab, Keita-lah pemain yang lebih dulu menahan bola, sebelum akhirnya mengalirkannya ke sisi kiri, kepada Robertson, yang kemudian menyodorkan lagi ke Lallana sebelum berbuah gol.

Liga Champions

Jika laga melawan Manchester United di Liga Inggris itu belum cukup, peran penting Naby Keita untuk Liverpool juga semakin terbukti kala membantu timnya menang telak 4-1 dari Genk di Liga Champions, Kamis (24/10/19).

Turun dari menit awal, Keita memang tak mampu menciptakan gol maupun assist. Akan tetapi, sebagai konduktor permainan, dirinya mampu menjalankan tugas dengan luar biasa.

Total 138 sentuhan berhasil diciptakannya sepanjang 90 menit pertandingan. Jumlah itu tak bisa disamai satupun pemain Liverpool lainnya di laga itu.

Dalam mengalirkan bola, Kieta juga membuktikan kualitasnya, lewat catatan 118 umpan sukses. Jumlah itu juga paling banyak dibanding pemain The Reds lainnya.

Selain itu, kualitasnya sebagai gelandang tengah juga semakin disempurnakan dengan catatan terbanyak lainnya di laga itu dalam hal bertahan. 

Seperti 14 kali memenangkan duel, tiga kali memutus aliran bola dan 12 kali sukses melakukan recoveries (pemulihan penguasaan bola).

Dengan kemampuan yang dimiliki Naby Keita itu, jelas dirinya merupakan pemain penting di klub Liga Inggris itu. Apalagi, di Liverpool saat ini tak ada satupun pemain yang memiliki tipe dan gaya permainan seperti dirinya.