Bola Internasional

3 Alasan Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 yang Baik

Jumat, 25 Oktober 2019 05:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 Copyright: © INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum tiga alasan mengapa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk Piala Dunia U-20 2021 nanti.  

FIFA secara resmi mendaulat Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pertemuan di Shanghai, China, Kamis (24/10/19).

Indonesia mengalahkan Brasil dan Peru dalam proses bidding. Brasil mengundurkan diri di saat terakhir, sedangkan Peru terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2021.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah telah disampaikan induk sepak bola Indonesia, PSSI, melalui akun media sosial Twitter dan Instagram resmi.

Ini kali kedua Indonesia berpartisipasi setelah terakhir 40 tahun yang lalu pada Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Walau banyak pihak yang meragukan, namun Indonesia memiliki segalanya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia junior. Berikut ini kami rangkum tiga alasan mengapa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk Piala Dunia U-20 2021 nanti.  

1. Gairah Sepak Bola

Sepak bola adalah passion. Olahraga satu ini akan sangat meriah jika ditonton oleh puluhan ribu suporter di stadion. 

Indonesia memiliki modal untuk itu. Bangsa Indonesia memiliki antusiasme yang besar terhadap sepak bola. 

Jadi, bisa dibayangkan betapa ramainya stadion ketika Timnas Indonesia U-20 bertanding di Piala Dunia tahun 2021 nanti. 

Tak cuma Indonesia, kedatangan negara-negara besar pun juga akan mengundang dukungan dari penonton Tanah Air yang sengaja datang ke stadion. 

2. Stadion Mumpuni

Jangan remehkan infrastruktur sepak bola di Indonesia. Saat ini Indonesia memiliki banyak stadion bertaraf internasional yang siap menggelar laga-laga kelas dunia. 

Dalam dua tahun terakhir ini saja sejumlah stadion mengalami renovasi besar-besaran seperti Stadion Mandala Krida, Stadion Manahan Solo, sampai Jatidiri Semarang. 

Dua dari tiga nama stadion di atas (Manahan dan Mandala Krida) juga masuk ke dalam 10 stadion yang diajukan untuk menggelar Piala Dunia U-20. 

Dengan membayangkan laga final digelar di stadion semegah Gelora Bung Karno, maka sah jika kita menyebut Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 yang baik.

3. Keseriusan Pemerintah

Proses bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 tentu tidaklah mudah. Hal penting yang membuat kita mampu menyisihkan negara lain adalah adanya keseriusan dari pemerintah. 

Seperti yang diungkapkan Menpora, Zainudin Amali, Kamis (24/10/19) kemarin, hal penting yang membuat proses bidding lancar adalah adanya jaminan dari pemerintah

Ya, dalam proses bidding ini, Presiden Jokowi merespons langsung permohonan izin dari Kemenpora dengan menyampaikan surat kepada FIFA pada tanggal 7 Agustus. 

Dilampirkan di surat tersebut berupa jaminan dari empat menteri dan Kapolri. Empat menteri yang memberikan jaminan adalah Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan. Jaminan juga datang langsung dari Kapolri. 

Sebagai tindak lanjut, pemerintah pun menunjuk Ketua KOI sekaligus pengusaha papan atas Tanah Air, Erick Thohir, untuk diutus ke FIFA. Dengan bukti keseriusan ini, maka Piala Dunia U-20 bisa dijamin bakal sukses besar di Indonesia.