Bola Internasional

4 Pekerjaan Diluar Sepak Bola yang Tepat untuk Zlatan Ibrahimovic

Sabtu, 26 Oktober 2019 16:24 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Matthew Aston/GettyImages
Striker LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic Copyright: © Matthew Aston/GettyImages
Striker LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic

INDOSPORT.COM - Zlatan Ibrahimovic telah memasuki penghujung kariernya dalam dunia sepakbola sehingga tidak lama lagi ia akan segera gantung sepatu alias pensiun. Ibrahimovic pun memiliki sejumlah alternatif lain untuk mendapatkan pekerjaan lain di luar dari sepak bola.

Penyerang ber-KTP Swedia yang bermain untuk klub asal Amerika Serikat, La Galaxy ini sudah menginjak usia 38 tahun. Artinya tidak lama lagi besar kemungkinan akan Zlatan Ibrahimovic akan segera memutuskan untuk gantung sepatu.

Pemain yang memiliki tinggi badan hingga 195cm ini sudah malang-melintang ke sejumlah klub elit di Eropa, mulai dari klub profesional pertamanya Malmo FF, lalu Ajax Amsterdam, Juventus, Internazionale, Barcelona, AC Milan, PSG Manchester United, dan sekarang LA Galaxy.

Mari lupakan dulu klub destinasi selanjutnya yang akan menjadi pelabuhannya di musim depan, di mana ada dua klub Italia yang kuat disebutkan tertarik untuk merekrutnya, yakni Inter Milan dan Napoli, nama Ibrahimovic sendiri memiliki peluang besar untuk memiliki karier di luar dari dunia sepak bola usai ia pensiun nanti. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya:

Pengacara

Bekerja sebagai pengacara jelas akan berhubungan dengan dunia hukum, jika melihat gaya bermain Zlatan Ibrahimovic yang cukup keras, sepertinya memang aneh jika melihatnya bekerja di dunia hukum.

Namun pastinya setiap manusia bisa berubah terlebih jika ada kemauan. Jika Zlatan Ibrahimovic ingin mencoba peruntungan sebagai pengacara, maka dirinya akan menyenangkan hati ayahnya, Sefik Ibrahimovic yang memang sudah lama ingin anaknya masuk dalam dunia pekerjaan tersebut.

Petarung UFC

Pastinya pecinta sepak bola sejati sudah langsung mengerti mengapa Zlatan Ibrahimovic bisa bekerja sebagai petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) sebagai pekerjaannya di luar dari sepak bola.

Saat berada di lapangan hijau, Ibrahimovic pernah terlihat mengeluarkan tendangan taekwondonya, baik ketika menembak bola, atau bahkan menendang pemain lawan, termasuk rekan setimnya.

Tak hanya itu, Ibrahimovic juga mendapatkan sabuk hitam sebuah tingkat yang tentu tak dapat diremehkan dalam dunia taekwondo.

Penyerang asal Swedia milik LA Galaxy ini juga pernah terlibat perselisihan sehingga wajar ia dianggap pantas masuk dalam dunia UFC.

Pengusaha

Sama seperti pemain sepak bola bergaji tinggi pada umumnya, Zlatan Ibrahimovic tentu bisa melanjutkan kariernya dalam dunia bisnis. Zlatan Ibrahimovic sendiri pada tahun 2015 lalu pernah mengeluarkan merk parfumnya bernama Zlatan Pour Homme.

Tentu ia bisa meningkatkan bisnisnya tersebut jika nantinya telah berhenti dari dunia sepak bola atau dapat saja Ibrahimovic mengikuti bintang sepak bola lainnya, seperti Cristiano Ronaldo, yang mempunyai butik atau terlibat dalam dunia iklan.

Pastinya banyak perusahaan iklan yang berminat memakai jasa dari mantan penyerang PSG itu, terlebih Zlatan Ibrahimovic sudah mempunyai nama besar di dunia sepak bola.

Pelatih Taekwondo

© nofootynolife
Zlatan Ibrahimovic saat berlatih Taekwondo. Copyright: nofootynolifeStriker LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic saat berlatih Taekwondo.

Pencinta sepak bola sejati pastinya sudah banyak yang tahu, jika Zlatan Ibrahimovic mahir dalam beladiri asal Korea Selatan, taekwondo. Terlebih, Ibrahimovic yang pernah mendapatkan sabuk hitam bisa kembali ke olahraga beladiri tersebut.

Pastinya Ibra bisa menjadi pelatih atau guru untuk murid-murid yang masih dalam usia anak-anak atau remaja. Dengan pengalaman yang telah dimilikinya, tentu akan menjadi mudah bagi Zlatan Ibrahimovic menjadi pelatih Taekwondo.