Liga Indonesia

Bek Borneo FC Beberkan Jauhnya Level Sepak Bola Indonesia dan Uzbekistan

Minggu, 10 November 2019 14:39 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bek Borneo FC asal Uzbekistan, Javlon Guseynov, menguak perbedaan level sepak bola di kompetisi negaranya dan Shopee Liga 1. Ia berpendapat bahwa Uzbekistan memiliki kualitas kompetisi yang jauh lebih baik.

“Saya tidak yakin seorang pemain bisa berkembang dengan baik di kompetisi sepak bola Indonesia. Salah satu alasannya, level sepak bola Indonesia berada di bawah Uzbekistan,” ucap Guseynov dilansir dari situs Penalti Asia.

“Selain itu, sulit untuk beradaptasi dengan wasit di sini. Kualitas kepemimpinan wasit di Uzbekistan jauh lebih tinggi. Suporter sepak bola di sana bahkan tidak akan memprotes apa pun keputusan sang pengadil,” lanjut Guseynov.

Meski mengetahui hal tersebut, Javlon Guseynov punya alasan sendiri mengenai kepindahannya ke Indonesia. Tanpa ragu, pemain berusia 28 tahun ini menyebutkan sangat tertarik dengan tawaran finansial yang diajukan oleh Borneo FC.

Guseynov kemudian menyebutkan bahwa Borneo FC punya tugas yang berat. Ia dan rekan-rekannya ditargetkan untuk bisa finish di papan atas. Pasalnya, tim Pesut Etam ingin segera mencicipi kompetisi piala antarklub Asia.

“Tim kami ingin lolos ke Piala AFC 2020. Kami sudah tidak bisa meraihnya lewat jalur piala domestik (Kratingdaeng Piala Indonesia). Oleh karenanya, kami harus naik ke dua besar dan itulah target di sini,” ujar Guseynov.

Target itu sendiri masih terjaga dengan bercokolnya Borneo FC di posisi keempat klasemen sementara Shopee Liga 1  2019 pekan ke-27. Javlon Guseynov dkk. telah mengemas 42 poin dan hanya terpaut dua angka dengan runner-up saat ini, Madura United.