Liga Indonesia

Pemain Asing Borneo FC Bicara Kesan Positifnya Terhadap Indonesia

Minggu, 10 November 2019 15:21 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bek Borneo FC di Liga 1 2019 asal Uzbekistan, Javlon Guseynov, merasa senang dengan kesempatan tinggal di Indonesia. Pemain berusia 28 tahun itu terkesan dengan keramahan orang Indonesia dan panorama alam yang indah.

“Seperti yang sudah diketahui banyak orang, tempat ini (Indonesia) sungguh indah. Kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat bagus, ditambah dengan orang-orang Indonesia yang sangat mudah bergaul,” ucap Guseynov dilansir dari situs Penalti Asia.

“Saya pun terkejut karena bisa sangat cepat beradaptasi dengan iklim dan kultur Indonesia. Ini semua tentunya berkat bantuan dari rekan setim. Berkat mereka juga, saya cepat menyesuaikan diri dengan kompetisi sepak bola Indonesia,” lanjutnya.

Hanya saja, Guseynov mengakui bahwa banyak tempat di Indonesia dipenuhi sepeda motor dan mobil. Berhubung adanya kemacetan yang cukup lama, ia mengaku pernah datang terlambat ke stadion kala timnya akan bertanding.

Tak hanya di luar lapangan, ia pun memiliki kesan tersendiri mengenai kompetisi sepak bola Indonesia. Menurutnya, persaingan klub, terutama di Shopee Liga 1 sangat ketat. Pasalnya, kekuatan banyak tim papan atas dinilainya merata.

“Setiap pertandingan di Indonesia sangatlah menguras tenaga. Oleh karenanya, tim yang berada di papan atas bisa kesulitan melawan tim papan bawah. Jika dilihat dari klasemen musim 2018, jarak poin antar-tim pun tak begitu jauh,” ujar Guseynov.

Guseynov, yang bergabung pada awal musim 2019, memiliki kontrak satu tahun. Berbicara mengenai masa depannya di Borneo FC, ia hanya berserah kepada Tuhan. Jika diizinkan, ia akan bertahan dan memperpanjang kontraknya.

Sejauh ini, Javlon Guseynov telah tampil dalam 24 pertandingan. Kontribusinya membawa Borneo duduk di posisi keempat klasemen sementara Shopee Liga 1 dengan 42 poin. Dengan capaian itu, tim Pesut Etam masih berpeluang lolos ke play-off Piala AFC 2020.