Bola Internasional

Akur! Fans Dua Klub Bundesliga Jerman Kompak Peringati Runtuhnya Tembok Berlin

Selasa, 12 November 2019 17:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Gabungan pendukung dua klub Bundesliga Jerman, Hertha Berlin dan RB Leipzig, menyuguhkan aksi keren di tengah lapangan guna memperingati 30 tahun runtuhnya Tembok Berlin.

Momen ini terjadi sebelum bentrokan Bundesliga Jerman antara Hertha Berlin vs RB Leipzig dilangsungkan di Stadion Olympia, Sabtu (09/11/19) kemarin. Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan tim tamu dengan skor 4-2.

Dilansir dari Sun Sport, ratusan pendukung dari kedua klub berdiri bersama-sama di tengah lapangan sambil membawa papan berukuran besar yang disusun layaknya sebuah dinding, membentang membelah lapangan Olympia jadi dua bagian.

Para pemain dari kedua klub juga terlihat ikut andil dalam aksi para pendukung tim yang secara bersama-sama merobohkan dinding raksasa itu.

Aksi ini sendiri dilakukan guna mengenang peristiwa dirobohkannya Tembok Berlin pada tanggal 9 November 1989 silam. Tembok yang berdiri sejak 1961 itu sendiri menjadi simbol pemisah Jerman Timur dan Jerman Barat saat terjadi perang antara komunisme dan kapitalisme.

Aksi suporter di tengah lapangan ini juga diwarnai dengan aksi suporter dari tribun, di mana mereka mengibarkan spanduk besar bergambar Tembok Berlin. Spanduk itu juga roboh bersamaan dengan runtuhnya replika tembok di lapangan.

Dalam pertandingan bertajuk Derbi Timur akhir pekan lalu, para pemain Hertha Berlin juga mengenakan jersey edisi spesial yang merupakan replika seragam di hari pertama pertandingan mereka setelah tembok diruntuhkan.